Ethiopia Matikan Layanan Internet

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 02 Juni 2017
Ethiopia Matikan Layanan Internet
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Ethiopia telah mematikan layanan internet di seluruh negeri hingga hingga 8 Juni mendatang. Demikian kata seorang pejabat pemerintah, Kamis (1/6). Kebijakan itu dimaksudkan untuk menghentikan kecurangan berupa penyebaran soal ujian sekolah menengah atas di media sosial.

Ratusan ribu siswa akan menjalani ujian di negara Tanduk Afrika itu. Ujian untuk siswa Kelas 10 berlangsung pada 31 Mei hingga 2 Juni sementara kelas 12 pada 5 hingga 8 Juni.

Tahun lalu, soal ujian beredar luas dalam jaringan hingga memaksa pemerintah untuk mengulang jadwal masa tes, yang merupakan ujian umum utama bagi para siswa berusia 16 dan 18 tahun untuk mendapatkan tempat di universitas dan sekolah-sekolah kejuruan.

"Pemutusan (layanan internet) itu ditujukan untuk mencegah pengulangan kejadian kebocoran yang terjadi tahun lalu," kata Mohammed Seid, direktur bidang hubungan masyarakat Kantor Urusan Komunikasi Pemerintah Ethiopia, kepada Reuters.

"Kami sekarang lebih aktif. Kami ingin siswa-siswa kami berkonsentrasi dan terbebas dari tekanan psikologis dan berbagai hal yang dapat mengalihkan perhatian." Mohammed tidak memberikan tanggal pasti soal kapan layanan internet akan dihidupkan lagi. Namun, ia menambahkan bahwa pemadaman itu akan berlangsung selama masa ujian.

Ia mengatakan pemutusan hanya diterapkan pada laman-laman media sosial sementara akses internet bagi kebutuhan pemesanan tiket pesawat serta perbankan tetap utuh.

Sumber: ANTARA

#Internet
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan