Film
‘Eternals’, Film Ambisius Chloé Zhao Chloe Zhao saat menerima Piala Oscar 2021. (Foto: Variety)

SUTRDARA terbaik dalam Academy Awards ke-93 Chloé Zhao bukan hanya sukses membawa Nomadland sebagai film terbaik dalam ajang yang sama. Dia menjadi sutradara perempuan kulit berwarna pertama yang memenangkan Oscar.

Pada usia 39, Zhao baru saja mulai. Kesuksesan berikutnya sudah menanti melalui film Marvel yang sangat ambisius, Eternals. Film ini berdasarkan serial komik Jack Kirby, dengan deretan pemain besar yang menampilkan Gemma Chan, Angelina Jolie, Salma Hayek, dan Kumail Nanjiani. Ini adalah lompatan besar dari tiga film pertamanya, dan setelah beberapa kali penundaan akibat COVID-19, jadwal tayang Eternals rencanaya pada 5 November.

Baca Juga:

Captain Marvel 2 Rilis Tahun Depan, Ini Hal yang Sudah Diketahui

film
Chloé Zhao dan Presiden Marvel Studios Kevin Feige di Comic Con. (Foto: sahiwal.tv)

Sebagai penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU) dan komik aslinya, Zhao yang lebih dulu mendekati perusahaan itu. Dia awalnya dipertimbangkan untuk Black Widow, menurut Presiden Marvel Studios Kevin Feige, tetapi kemudian mengundurkan diri dari daftar. Akhirnya, Zhao dan eksekutif Marvel Nate Moore mulai bekerja sama dalam sebuah proposal Eternals, yang oleh Feige disebut "spektakuler."

"Kisah yang sangat berani dan sangat ambisius, tersebar luas tentang kemanusiaan selama 7.000 tahun dan tempat kita di alam semesta," ungkap Feige seperti diberitakan variety.com (7/5).

Dalam film yang akan penuh dengan efek visual dan layar hijau, seperti semua film Marvel, Feige mengatakan Zhao "benar-benar memperjuangkan pemilihan setting lokasi praktis" sesuai dengan visinya untuk film itu. Pada satu titik, mereka bahkan harus memotong sample reel Eternals untuk ditonton para petinggi Disney.

“Dan saya harus terus berkata, 'Ini benar dari kamera; tidak ada pekerjaan VFX untuk ini sama sekali!'" kata Feige, “Karena saat itu matahari terbenam yang indah, dengan ombak dan kabut sempurna yang muncul dari pantai di sisi tebing raksasa ini - hal yang sangat mengesankan.” Kemudian, saat menonton Nomadland, dia melihat gambar serupa, “Oh! Bukan hanya itu yang ingin dia bawa ke Marvel,” kenangnya. Itu adalah ciri khas Zhao.

Baca juga:

Marvel Resmi Rilis Judul dan Logo Sekuel 'Black Panther'

film
Sutradara dan para pemeran 'Eternals' yang sangat beragam dari berbagai negara. (Foto: marvel.com)

Kevin Feige menambahkan, rencana awal Zhao menyelesaikan Eternals terlebih dahulu, kemudian setelah rilis baru mengedit Nomadland. Namun karena COVID-19, dia akhirnya menyelesaikan Nomadland dan merilisnya duluan.

Zhao mengaku bahwa dua film tersebut memang berdekatan jarak produksinya. Perubahan jadwal tersebut bisa jadi akan mengubah sejarah. Apa jadinya jika Nomadland tidak akan keluar tahun ini dan Zhao lebih dahulu melekatkan namanya dengan garapan film MCU?

"Saya telah mengalami pasang surut dalam karier saya yang relatif singkat. Dan, satu hal yang saya pelajari, sedikit klise memang, tetapi semuanya terjadi karena suatu alasan. Kami tidak pernah berharap Nomadland beresonansi seperti itu. Tapi semuanya berhasil," ujar Zhao dalam wawancara dengan variety.com.

Eternals akan menampilkan pahlawan super gay pertama Marvel, karakter tuli, pemeran dari berbagai negara. Ini semua berdasarkan pemintaan Zhao. "Sungguh pengalaman yang luar biasa bekerja dengan tim di Marvel. Saya ingin berhati-hati mengatakan 'visi saya', meskipun saya benar-benar ingin orang tahu bahwa mereka mendukung apa yang ingin saya lakukan," dia menjelaskan.

Baca Juga:

Bikin Penggemar Bete, Ini Perbedaan Signifikan Buku dan Film 'The Shining'

film
Chloé Zhao dengan dua Oscar yang dibawa pulang dari Academy Awards ke-93. (Foto: variety.com)

Zhao menambahkan, "Saya juga ingin memastikan mereka tahu bahwa saya mendapat dukungan dari tim yang sangat bertalenta ini, beberapa dari artis paling bertalenta di dunia. Dan benar-benar dibutuhkan keterlibatan banyak orang untuk mewujudkan film ini, tapi iya, mereka membiarkan saya memimpin."

Bukan hanya memilih pemeran yang beragam, cara kerja Zhao di lokasi syuting pun berbeda. Dia terbiasa bekerja dengan tim kecil, sementara MCU identik dengan tim ratusan orang di lokasi syuting.

"Sejak awal, mereka tahu cara saya ingin membuat film ini, cara saya ingin mengambil gambar. Tidak mungkin ratusan orang berdiri di sekitar. Jadi mereka sangat menyesuaikan cara menjalankan set sesuai keinginan saya. Saya masih dikelilingi oleh 25 orang. Mereka memiliki pasukan, dan masing-masing dari mereka tahu bahwa pasukan itu perlu dijauhkan," ujarnya.

Ketika ditanya sudah dalam tahapan apa Eternals sekarang, Zhao mengatakan sudah mencapai tahap akhir. "Sama seperti memahat, kamu tidak ingin itu berakhir. Kamu hanya ingin melanjutkan sampai mereka memberi tahumu bahwa tidak dapat dilanjutkan lagi," dia memberikan perumpamaan.

Eternals menceritakan karakter yang sudah hidup bersembunyi ribuan tahun di Bumi. Mereka akan menghadapi musuh bernama Deviant. Eternals dijadwalkan tayang setelah Black Widow dan Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings. (aru)

Baca Juga:

Kesunyian Mencekam di Trailer Final 'A Quiet Place Part II'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tips Aman Meninggalkan Mobil di Rumah saat Libur Lebaran
Hiburan & Gaya Hidup
Tips Aman Meninggalkan Mobil di Rumah saat Libur Lebaran

Agar mobil yang ditinggal di rumah aman dan tetap terawat saat hendak dipakai setelah liburan nanti.

Film Horor Masih Punya Tempat di Hati Masyarakat Indonesia
ShowBiz
Film Horor Masih Punya Tempat di Hati Masyarakat Indonesia

Wakil Ketua I Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan pengamat film Hikmat Darmawan, mengatakan bahwa film horor lokal masih memiliki tempat di hati masyarakat Indonesia.

Kasatmata, Berikut Indikator yang Menandakan Hubunganmu akan Berakhir
Hiburan & Gaya Hidup
Kasatmata, Berikut Indikator yang Menandakan Hubunganmu akan Berakhir

Tidak ada perpisahan yang terjadi secara spontan.

Mengapa Orang yang Sudah Vaksin Penuh Perlu Dosis Booster?
Fun
Mengapa Orang yang Sudah Vaksin Penuh Perlu Dosis Booster?

suntikkan ketiga dapat meningkatkan kekebalan yang memudar secara alami.

Produk Lokal Made In Negeri Aing Ternyata Dipakai Pembalap MotoGP dan Moto2
Fun
Produk Lokal Made In Negeri Aing Ternyata Dipakai Pembalap MotoGP dan Moto2

Bahkan bisa membawa tim pembalap menang perlombaan.

Loki Bakal Masuk Musim Kedua?
ShowBiz
Loki Bakal Masuk Musim Kedua?

Bisa jadi Loki akan datang di musim kedua.

Manfaatkan Teknologi, Upgrade Kesehatanmu
Hiburan & Gaya Hidup
Manfaatkan Teknologi, Upgrade Kesehatanmu

Beberapa perangkat seperti jam tangan pintar bisa membantu memantau kesehatan tubuh.

Fakta Daging Kambing, Kalori Rendah
Fun
Fakta Daging Kambing, Kalori Rendah

Daging kambing tak seburuk mitosnya.

'Jelajahin Livin Sanur Fest' Segera Digelar Mengobati Kerinduan Para Traveler
Fun
'Jelajahin Livin Sanur Fest' Segera Digelar Mengobati Kerinduan Para Traveler

Livin Sanur Fest menampilkan beragam pertunjukan menarik.