Kuliner

Es Serut Rasa Ramen ala Jepang

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 13 Juli 2020
Es Serut Rasa Ramen ala Jepang
Kakigori Hiyashi Miso Ramen, es serut unik rasa miso ramen. (bankara)

MENYANTAP es memang paling pas saat cuaca panas. Bagi Bankara, sebuah restoran di Tokyo, hal itu jadi peluang bisnis. Dengan sedikit kreativitas dan usaha, mereka menghasilkan es rasa ramen. Meskipun terdengar aneh, menu bernama Kakigori Hiyashi Miso Ramen itu disebut enak oleh banyak orang.

Di Jepang, ramen merupakan salah satu makanan khas. Turis yang mengunjungi Jepang pasti akan makan ramen untuk merasakan sajian itu di negara asalnya. Namun, dengan cuaca yang sedang sangat panas ini, makan ramen tentunya tidak masuk akal. Jadilah Kakigori Hiyashi Miso Ramen ini sebagai pilihan makan ramen tanpa merasa kepanasan. Melansir Soranews24, es unik ini tersedia sejak 15 Juni lalu. Seporsi es serut ini dihargai 880 yen atau Rp119.213.

BACA JUGA:

Sembari 'Work from Home', Coba Pola Makan Ala Vegetarian Yuk!

Kakigori merupakan es serut versi Jepang. Makanan ini merupakan hidangan penutup musim panas yang terkenal di Jepang. Japantoday menjelaskan kakigori dibuat dengan air atau susu untuk esnya. Es itu kemudian dibumbui sirup, yoghurt, dan berbagai topping, seperti buah dan kacang merah. Tergantung pada seberapa mewah toko kakigori tersebut.

bankara
Restoran Bankara yang menjual es serut rasa ramen. (foto: soranews24)

Namun, unttuk menu Kakigori Hiyashi Miso Ramen, pugasan yang disediakan ialah chashu, rebung, tauge, dan pugasan yang umum pada ramen. Ya, es serut ini memang menggunakan topping yang biasanya ada di ramen. Tak ada perasa atau pugasan jelly. Alih-alih menggunakan es beku dari air putih, pembuat menu ini menggunakan kaldu miso ramen yang dibekukan lalu diolah menjadi es serut.

es ramen
Seperti makan ramen dingin. (soranews24)

Walau menu ini terdengar seperti kombinasi yang aneh, sebenarnya sudah ada hidangan mi yang dingin, seperti ramen dingin atau soba dingin. Kamu mungkin pernah mendengarnya atau bahkan mencobanya. Setelah dimasak, mi untuk mi dingin biasanya didinginkan dengan es. Beberapa bahkan disajikan dengan es mengambang di kaldu.

Seperti dilansir Soranews24, cara terbaik menyantap hidangan ini ialah mengaduknya terlebih dahulu, membiarkan es bercampur dengan mi dan pugasannya. Hal itu itu benar-benar akan menghaluskan rasa. Membuat gigitan kedua sangat lezat. Menurut situs itu, setelah sendok ketiga, rasa sajian ini seperti semangkuk ramen biasa, tapi sangat enak. Bedanya, ramen ini dingin dan renyah. Alih-alih panas dan pekat.

Bikin penasaran kan ya?(lev)

#Kuliner #Jepang
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan