Es Laksamana Mengamuk, Si Pelepas Dahaga Khas Riau Laksamana mengamuk. (Instagram/ infopku)

BULAN Ramadan menjadi salah satu bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim. Pada bulan suci ini, pahala ibadah dilipatgandakan. Kegiatan beribadah menjadi semakin banyak terutama di malam hari.

Selain yang beribadah semakin banyak, Ramadan juga semarak dengan berbagai macam kuliner khas. Biasanya, kuliner khas Ramadan dijajakan jelang magrib sebagai makanan berbuka puasa.

Selain itu, makanan buka puasa juga cukup mudah dibuat di rumah. Bahan-bahan menu buka puasa biasa sangat sederhana. Hal yang paling penting, menu buka puasa selalu berasa manis. Hal itu sesuai tuntunan agar mengawali buka puasa dengan makanan yang manis.

Salah satu makanan berbuka puasa favorit ialah es laksamana mengamuk. Dari namanya mungkin terdengar aneh. Nama itu diambil dari sebuah cerita tentang seorang laksamana yang istrinya diambil pergi oleh pemilik kebun kuini.

Konon, sang laksamana yang mengetahui istrinya diambil mengamuk hingga ke kebun kuini. Pedang yang diayunkan mengenai buah-buah kuini hingga berjatuhan. Buah yang berjatuhan dan terpotong-potong tersebut diceritakan dikumpulkan warga dan kemudian lahirlah jenis minuman berbahan kuini tersebut.

Es laksamana mengamuk minuman khas dari Provinsi Riau. (Instagram/ ratihrahmadani)

Es laksamana mengamuk minuman khas dari Provinsi Riau. (Instagram/ ratihrahmadani)

Laksamana mengamuk merupakan minuman khas dari Provinsi Riau. Di daerah asalnya, minuman manis penggugah selera ini biasa ada pada saat bulan Ramadan. Banyak warga yang menjajakan laksamana mengamuk di jalan-jalan sehingga sajian ini mudah didapatkan sebagai menu berbuka puasa.

Laksamanan mengamuk berbahan dasar buah kuini dicampur dengan gula cair dan santan. Buah kuini atau kuweni/kweni banyak ditemukan di Riau, dan umumnya di Pulau Sumatra. Buah ini sejenis mangga-manggaan yang harum dan lebut dagingnya.

Laksamana mengamuk memiliki rasa sangat khas dari buah kuini. Harum kuini dipadu dengan gula cair dan santan, kemudian dicampur es sangatlah menyegarkan. Buah kuini yang manis dan asam, sedikit berserat, merupakan favorit sebagai pelepas dahaga. Warnanya yang kuning tentu saja sangat menggugah selera.

Kamu juga bisa membuat es laksamana mengamuk di rumah. Cara pembuatannya juga sangat mudah. Berikut Merahputih.com sajikan resep pembuatan es laksamana mengamuk khas Riau, dikutip dari Cookpad;

Bahan-bahan

3 porsi

2 buah kuieni matang, kupas potong dadu

1 sdm biji selasih,rendam air panas

400 ml santan

Gula pasir sesuai selera

1 lembar daun pandan

Es batu secukupnya

Es laksamana mengamuk minuman khas dari Provinsi Riau. (Instagram/ _bunda_lila)
Es laksamana mengamuk minuman khas dari Provinsi Riau. (Instagram/ _bunda_lila)

Langkah pembuatan

1. Rebus santan, daun pandan serta gula hingga gula larut dan mendidih, jangan sampai pecah santan. Matikan kompor, dinginkan.

2. Tata es batu, kuini lalu siram dengan kuah santan,terakhir tambahkan biji selasih. Es laksamana mengamuk siap disantap. (*)

Baca juga berita lainnya tentang kuliner bulan Ramadan dalam artikel: Tips Agar Tak Cepat Lapar dan Haus saat Puasa

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH