Erupsi Gunung Merapi, Boyolali Diguyur Hujan Abu Vulkanik

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 09 Desember 2023
Erupsi Gunung Merapi, Boyolali Diguyur Hujan Abu Vulkanik
Ilustrasi - Gunung Merapi meluncurkan awan panas guguran ke arah dua sungai berhulu Merapi pada Senin (4/12/2023) (ANTARA/HO-BPPTKG)

MerahPutih.com - Gunung Merapi yang ada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah kembali mengalami erupsi, Jumat (8/12).

Akibat guguran awan panas Gunung Merapi, sejumlah daerah di Kabupaten Boyolali, Jateng mengalami hujan abu vulkanik

Sekretaris Desa Tlogolele, Neigen Achtah mengatakan, guguran awan panas di puncak Gunung Merapi terjadi sekitar pukul 14.49 WIB. Setelah terjadi guguran awan panas terlihat asap tebal di atas Dukuh Stabelan yang merupakan dusun yang letaknya paling dekat dengan puncak Gunung Merapi.

Baca Juga:

Abu Erupsi Gunung Merapi Selimuti 10 Desa di Magelang

“Pukul 15.00 WIB, terlihat asap tebal di atas Dukuh Stabelan. Setelah itu pukul 15.12 WIB diberi tahu masyarakat terjadi hujan abu yang bercampur dengan air jadi hujan,” kata Achtah, Jumat (8/12).

Menurut dia, hujan abu yang terjadi pada Jumat sore hampir merata di wilayah barat dan barat laut. Bahkan, hujan abu juga merata di semua wilayah desanya yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Magelang itu.

“Sedangkan hujan abu yang paling tebal terjadi di dua dusun di Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, yang letaknya dekat dengan puncak Merapi,” katanya.

Baca Juga:

Gunung Merapi Erupsi, Masyarakat Diimbau untuk Menjauhi Daerah Bahaya

Dia mengatakan, hujan abu tebal terjadi di wilayah Stabelan dan Takeran. Untuk Tlogomulyo yang berjarak 7 kilometer dari puncak, tidak terlalu pekat.

Diketahui, hujan abu akibat guguran awan panas Gunung Merapi itu menyebar ke wilayah Kabupaten Magelang. Adapun daerah yang mengalami hujan abu disebutkan dia, wilayah Kecamatan Sawangan dan Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Berdasarkan unggahan di akun resmi media sosial Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) bahwa terjadi tujuh kali kali guguran awam panas di Gunung Merapi mulai pukul 14.49 hingga pukul 15.48. jarak luncur 3.500 meter ke arah barat daya Kali Krasak. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Kunjungan ke Boyolali, SBY Melukis Langsung Gunung Merapi

#Gunung Merapi #Letusan Gunung Merapi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan