Hari Pahlawan
Erskiditha Putri Hanura, Pahlawan Autoimun di Balik Akun Out of Sight Cerita Ditha membangun medium Out of SIght untuk tingkatkan pemahaman tentang penyakit autoimun. (Foto: Instagram/@outofsight.id,@erskiditha)

PERTANYAAN dan anggapan sinis seperti "Pura-pura sakit ya lu?", "Kok capek terus sih?", atau "Tapi kamu enggak keliatan sakit deh", jadi segelintir kalimat yang sering didengar oleh para penyintas autoimun. Tidak dipahami dan dimengerti sudah jadi makanan harian buat mereka yang punya kondisi ini.

Autoimun merupakan sebuah kondisi ketika antibodi yang seharusnya jadi kawan malah berubah jadi lawan dan menyerang diri sendiri.

Sayangnya tidak semua gejala terlihat langsung secara fisik sehingga membuat autoimun kerap kali disebut sebagai inisvible disease atau penyakit tak kasat mata.

Baca juga:

William Wongso dan Keberanian Diplomasi Rendang Kebanggaan Indonesia

Jadi sebenarnya wajar kalau banyak orang yang tak memahami penyakit ini dan akhirnya mengganggap para penyintas sehat-sehat saja. Soalnya memang tidak terlihat.

Tapi mau sampai kapan? Apakah aku, kamu, dan mereka yang menderita autoimun harus tetap bungkam dan rela dilabeli berbagai stigma negatif hanya karena kurangnya pengetahuan? Tentu tidak. Maka dari itu Ditha muncul sebagai salah seorang pahlawan muda yang berani buka suara.

Erskiditha Putri Hanura, Pahlawan Autoimun di Balik Akun Out of Sight
Meski secara fisik terlihat baik, bukan berarti Ditha tidak sakit. (Foto: Erskiditha Putri Hanura)

Sekilas ketika melihat Ditha secara fisik, kamu mungkin enggak menyangka kalau setiap harinya dia sedang berjuang melawan penyakit kronis yang tak bisa sembuh. Selama empat tahun terakhir, Ditha sudah merasakan pahit manisnya hidup bersama autoimun.

Pernah kena sariawan? Pasti dong. Tapi bagaimana kalau sariawan di mulutmu ada enam atau bahkan delapan? Wah pasti rasanya mau gila bukan? Sayangnya itu hanya sebagian kecil dari gejala penyakit Behcet Syndromenya Ditha.

Bechet Syndrome adalah sebuah kondisi langka yang menyebabkan peradangan pada pembuluh darah. Peradangan ini menyebabkan berbagai gejala, seperti sariawan, ruam kulit, luka di area genitalia, radang sendi, hingga gangguan penglihatan.

Ketika hanya melihat penampilan fisik tanpa tahu cerita di baliknya, beberapa orang langsung menganggapnya sehat. Namun hanya karena tak terlihat, apakah artinya Ditha tidak sakit?

Orang mungkin tak tahu sakit yang dirasakannya saat gejala autoimunnya muncul hingga pernah membuat beratnya turun dratis menjadi 32kg.

Mereka juga tak paham lelahnya bolak-balik mencari dokter karena tak kunjung mendapat jawaban atas sakitnya. Atau bahkan tuduhan negatif yang diterimanya ketika sedang dalam pencarian mengetahui penyakitnya.

"Pas buka pintu ke ruang praktek dokter, dokternya bilang apa tahu enggak? 'Kamu pakai narkoba ya?' Itu belum periksa apa-apa dia langsung ngomong begitu," kenang Ditha.

Pengalamannya ini membuatnya hancur sampai-sampai sempat membuatnya mempertanyakan keberadaan Tuhan. Namun akhirnya perempuan kelahiran 1997 itu menerima kondisinya. "Aku tahu bahwa this is something yang ternyata bisa bikin aku jadi lebih baik lagi. Aku bisa kenal siapa diri aku," ucapnya.

Setelah berdamai dengan penyakitnya, Ditha tidak berhenti begitu saja. Sebab saat melihat sekeliling ternyata pemahaman tentang autoimun masih minim.

Apalagi dalam riset yang dilakukannya, Ditha menemukan fakta bahwa banyak yang belum mengetahui apa itu autoimun. Kebanyakan hanya mengetahui penyakit lupus tapi tidak tahu bahwa lupus sebenarnya juga salah satu jenis autoimun.

Erskiditha Putri Hanura, Pahlawan Autoimun di Balik Akun Out of Sight
Banyak yang belum mengetahui penyakit autoimun, apalagi berbagai jenisnya. (Foto: Autoimun Indonesia)

Selain itu, perempuan lulusan Ilmu Komunikasi dari salah satu universitas kenamaan asal Bandung ini menyadari teman-teman dengan autoimun lain juga butuh pertolongan.

Banyak dari mereka yang mengalami kesedihan, kelelahan, dan kekecewaan karena tidak dimengerti. Bahkan tak sedikit yang harus menghadapi situasi pahit yang memilukan.

Mulai dari sepupu temannya yang diputusin pacar karena penampilannya dianggap tidak lagi cantik akibat kerontokan rambut. Sampai seorang istri yang diceraikan suaminya karena tidak ingin memiliki keturunan yang harus minum obat seumur hidup.

Prihatinnya, sampai sekarang masih banyak yang tak paham kalau orang dengan autoimun bukan hanya butuh obat saja, melainkan juga dukungan penuh dan penerimaan dari orang sekitar.

Untuk itu, Ditha merasa harus membagikan cerita ini kepada dunia agar semakin banyak orang yang mengerti tentang autoimun.

"Aku merasa sayang banget autoimun ini kalau enggak dipergunakan sebagai suatu hal yang pada akhirnya berdampak baik buat kehidupan," terang perempuan berumur 23 tahun itu.

"Aku melihat autoimun itu sebagai sesuatu rahmat buat aku jadi dengan autoimun ini ada sesuatu yang aku harus kerjain nih," lanjutnya.

Baca juga:

kamibijak, Bukti Teman Tuli Mampu Berprestasi di Bidang Media

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Yakushima Millennium Cola Terbuat dari Hutan 'Princess Mononoke'
Fun
Yakushima Millennium Cola Terbuat dari Hutan 'Princess Mononoke'

Belakangan muncul tren baru dalam pembuatan kola yang disebut sebagai craft cola.

PBB Sebut Dunia Gagal Selamatkan Alam
Fun
PBB Sebut Dunia Gagal Selamatkan Alam

Dunia gagal penuhi target untuk menyelamatkan alam.

Menyambut Imlek, Yuk Dekor Rumahmu Bak Hotel dengan Budget Terbatas
Fun
Sehatnya Memelihara Ikan
Fun
Sehatnya Memelihara Ikan

Memelihara ikan aman bagi mereka yang menderita alergi hewan.

Epic Games Klaim Punya Lebih Banyak Pengguna Baru
Fun
Epic Games Klaim Punya Lebih Banyak Pengguna Baru

Meskipun mengeluarkan biaya tinggi namun Epic Games mendapatkan jutaan pemain baru.

Turbokidz Rayakan Hari Rilisan Fisik dengan EP ‘Http 404’
ShowBiz
Turbokidz Rayakan Hari Rilisan Fisik dengan EP ‘Http 404’

Meramaikan Hari Rilisan Fisik, Turbokidz merilis mini album bertajuk Http 404.

Kenali Pharmacovigilance Biar Tak Salah Konsumsi Obat
Fun
Kenali Pharmacovigilance Biar Tak Salah Konsumsi Obat

tidak semua produk obat memberi efek samping serupa untuk setiap orang.

Army Indonesia Tanam Ribuan Pohon Mangrove untuk Rayakan Ultah Jimin BTS
ShowBiz
Army Indonesia Tanam Ribuan Pohon Mangrove untuk Rayakan Ultah Jimin BTS

Ulang tahun Jimin BTS dirayakan dengan berbuat baik terhadap lingkungan.

'Stranger Things' Musim 4 Tambahkan 4 Orang Pemeran Baru
ShowBiz
Chat WA Cuma Diread Jangan Baper Dong
Fun
Chat WA Cuma Diread Jangan Baper Dong

Belum tentu jika WA kamu diread orang tersebut tidak ingin membalas pesan kamu.