Erick Thohir Pulangkan Rudiantara Balik ke PLN, Ini PR-nya Sebagai Dirut

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Selasa, 10 Desember 2019
Erick Thohir Pulangkan Rudiantara Balik ke PLN, Ini PR-nya Sebagai Dirut
Eks Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. (Antaranews)

MerahPutih.com - Kembalinya eks Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara ke PT PLN (Persero) sebagai direktur utama diharapkan dapat mengatasi sejumlah tantangan yang tengah dihadapi perusahaan listrik pelat merah tersebut saat ini.

"Kondisi PLN saat ini menghadapi soal tentang kecepatan menyelesaikan program listrik 35.000 Mega Watt (MW) yg belum terselesaikan hingga saat ini," kata Pengamat BUMN Toto Pranoto, di Jakarta, Selasa (10/12).

Baca Juga:

BUMN Harus Bersih dari Mafia, Kartel dan Bandit

Toto mengingatkan proyek listrik 35.000 MW merupakan program sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, namun belum tuntas hingga sekarang.

"Di sisi lain, PLN juga menghadapi situasi kelebihan pasokan listrik di Jawa, sehingga diperlukan renegosiasi yg ketat dengan para mitra Independent Power Producer (IPP) agar tidak merugikan PLN," katanya.

Menurut Toto, PLN juga harus mengelola aspek keuangan dengan ketat mengingat sebagian besar investasi dibiayai dengan utang dalam bentuk mata uang asing, sementara penjualan di dalam negeri menggunakan rupiah.

"Dibutuhkan manajemen hedging yang kuat, dengan demikian tantangan ini mengharuskan PLN butuh CEO yang kuat," kata pengamat BUMN itu, dikutip Antara.

Baca Juga:

Motif di Balik Penunjukan Rudiantara Dirut PLN

IMenteri BUMN Erick Thohir (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)
IMenteri BUMN Erick Thohir (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)

Sebelumnya Staf khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyampaikan Menteri BUMN Erick Thohir berdasarkan hasil Tim Penilai Akhir (TPA) menunjuk Rudiantara sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero).

Rudiantara sendiri sebetulnya tidak asing dengan PLN dan lingkungan perusahaan BUMN. Ketika dirinya menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PLN periode 2008-2009, Rudiantara pernah terlibat dalam pencarian pendanaan perusahaan terutama pinjaman untuk proyek pembangkit listrik 10.000 MW. (*)

Baca Juga:

Sofyan Basir Nonaktif Jadi Dirut PLN

#BUMN #PLN #Rudiantara
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan