Erick Thohir: Pemimpin Terlihat Ketika Mengalami Krisis Pendiri dan Komisaris Utama Mahaka Group Erick Thohir saat mengisi materi kepemimpinan di Diklatda 2018 HIPMI Jaya di Balroom Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta Selatan (MP/Rizki Fitrianto)

Merahputih.com - Pendiri dan Komisaris Utama Mahaka Group Erick Thohir mengatakan menjadi seseorang pemimpin tidak terjadi sekejap, tetali harus melalui proses yang panjang.

"Dari tahun ke tahun konsisten lah bahwa pemimpin itu tentu tidak hanya dilahirkan tapi juga dibentuk karena sosialitanya," kata Erick saat mengisi materi kepemimpinan di Diklatda 2018 HIPMI Jaya di Balroom Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta Selatan, Kamis (12/4).

Karena menurut dia, seorang pemimpin itu penting sekali untuk beradaptasi kepada siapa saja. Tak hanya itu, lanjut dia, pemimpin hebat itu bisa terlihat saat dirinya bisa melewati masa-masa sulitnya.

"Sebuah pemimpin itu bisa terlihat ketika dia mengalami bentuk krisis-krisis dalam kehidupan ataupun kepemimpinannya," jelas Thohir.

Erick Thohit (MerahPutih/Luhung)

Namun, kata Thohir, jika dilihat dari era sekarang ini, bahwa penting sekali seorang pemimpin atau bisnis leader memiliki tiga hal.

"Pemimpin itu mesti juga melihat perubahan dari digitalisasi ini dan tentu juga mau tidak mau sekarang Market rivet, lainnya tentu dia sendiri harus punya expertis (Ahli) dibidangnya, karena sekarang persaingan begitu tinggi dan perubahan dinamika dari industri sendiri sangat berubah dengan cepat," tutur Thohir.

Sementara itu, menurut Rosan Roeslani Ketua Umum Kadin Indonesia pemimpin cerdas itu karena butuh waktu perjalanan, karena dia menyakini tidak ada pemimpin yang lahir dalam sekejap.

"Karena selalu mempunyai proses untuk berjalan yang harus dilalui menjadi seorang pemimpin tidak ada pemimpin yang instan," turupnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH