Erick Thohir: Inpres Pelibatan TNI-Polri Bukan untuk Takuti Masyarakat Ketua Komite Pelaksana Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir (kanan). (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Pemerintah meminta publik tak salah mengartikan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Ketua Komite Pelaksana Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengatakan, keluarnya inpres tersebut tak berarti pemerintah menakut-nakuti masyarakat.

Baca Juga:

Inpres 6/2020 yang Dikeluarkan Jokowi Bisa Beri Sanksi Sesuai dengan Kearifan Lokal

"Dengan kemarin keluarnya Inpres Nomor 6 Tahun 2020, jangan sampai disalahartikan bahwa seakan-akan Polri bersama komite ini akan melakukan tindakan yang menakut-nakuti masyarakat," kata Erick di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/8).

Erick yang mengenakan batik lengan panjang ini mengatakan, penanganan COVID-19 tidak akan sukses tanpa kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Komite Pelaksana Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir (kanan). (Foto: MP/Kanugrahan)
Ketua Komite Pelaksana Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir (kanan). (Foto: MP/Kanugrahan)

Maka dari itu, sosialisasi protokol kesehatan oleh aparat keamanan dinilai penting.

Kegiatan tersebut akan difokuskan di 83.000 kelurahan dan desa.

"Dalam arti, supaya masyarakat bisa membantu daripada sukses penanganan COVID-19 ini," ujarnya.

Erick menjelaskan maksud kedatangannya ke Mabes Polri untuk memastikan sinergisitas dan solidaritas TNI-Polri dalam pelaksanaan penanganan COVID-19.

Baca Juga:

Erick Thohir Yakin Bio Farma Siap Produksi 100 Juta Vaksi COVID-19 Per Tahun

Oleh karenanya, kata Erick, diperlukan peran TNI-Polri dalam menggencarkan sosialisasi terkait peningkatan kedisiplinan masyarakat.

Hal itu diperlukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Karena itulah peningkatan kedisiplinan, peningkatan sosialisasi yang akan dilakukan TNI-Polri menjadi sangat signifikan dan penting. Supaya masyarakat bisa membantu sukses penanganan COVID-19," katanya. (Knu)

Baca Juga:

Pimpin Tim Pemulihan Ekonomi, Erick Thohir Bakal Hadapi Potensi Resesi


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH