Erick Thohir Diprediksi akan Pimpin Indonesia 2024 Menteri BUMN Erick Thohir. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/pd/pri.

MerahPutih.com - Situasi ekonomi global yang dibawah ancaman resesi akan memengaruhi pilihan masyarakat dalam Pemilu 2024. Tokoh yang kuat secara ekonomi baik dalam praktik maupun latar belakang diprediksi akan menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam pemilu.

Hal tersebut diungkapkan oleh peneliti dari Indonesia Economic and Development Studies (IEDS) Musyafaur Rahman dalam rilis yang diterima redaksi Jumat (9/12).

Baca Juga

Elektabilitas PDIP Diprediksi Turun Jika Tidak Usung Ganjar di Pilpres

"Kondisi perekonomian dunia yang berada dibawah ancaman resesi tahun 2023 mendatang membuat sosok yamg memiliki latar belakang ekonomi menjadi pilihan yang tepat buat masyarakat," papar Rahman.

Menurut Rahman, faktor ekonomi akan sangat menentukan mengingat dunia baru saja lepas dari pandemi COVID-19, sementara ekonomi masyarakat di level bawah juga tengah menggeliat untuk bangkit.

"Pilihan masyarakat akan tertuju kepada figur yang dinilai mampu membawa perekonomian dalam negeri ke arah yamg lebig baik, yang sangat berimbas kepada pendapatan dan ekonomi masyarakat secara langsung," terangnya.

Ia menilai dari banyaknya nama yang saat ini beredar, sosok Menteri BUMN Erick Thohir diprediksi akan menjadi pilihan tepat bagi masyarakat Indonesia dalam pemilu 2024 mendatang.

Kemampuan Erick dalam bidang ekonomi dan visi bisnisnya menjadi faktor utama yang menjadi daya tarik bagi rakyat dan menjadi pilihan tepat dalam situasi ekonomi global yang berada dibawah ancaman resesi.

IEDS mencatat keberhasilan Erick Thohir dalam menata BUMN selama periode jabatannya, juga kepemimpinannya sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menjadi salah satu tolak ukur kelayakan sosok Erick memimpin Indonesia.

"Penataan Holding BUMN yang digagas sejak periode awal pemerintahan Jokowi akhirnya bisa dieksekusi sempurna di era Erick sebagai Menteri BUMN, dan hasilnya MIND ID saat ini misalnya nilainya di pasar global sudah setara dengan induk Freeport, yakni Freeport Mc Moran jika mengacu kepada laporan keuangan terakhir," jelasnya.

"Selain itu ketahanan indek perekonomian indonesia selama menghadapi pandemi COVID-19 juga tidak terlepas dari kiprah Erick yang mampu mengkonsolidasikan potensi nasional sebagai Ketua Pelaksana Komite," lanjut Rahman menambahkan.

Baca Juga

Jokowi Berpotensi Dukung Duet Prabowo dan Ganjar di Pilpres 2024

Menurut Rahman, masyarakat Indonesia yang akan memilih di 2024 nanti pastinya akan menjadikan parameter ketahanan ekonomi sebagai ukuran.

"Masyarakat sekarang ini lebih cerdas, melek informasi dan faham siapa pemimpin yang bisa bekerja atau sekedar pencitraan belaka," imbuhnya.

Rahman menyampaikan keberhasilan masyarakat bertahan di era pandemi dan kini mulai bangkit membuka mata mereka terhadap pilihan-pilihan kebijakan ekonomi pemerintah yang berdampak langsung dalam kegiatan ekonomi rakyat.

"Jadi rakyat sekarang sudah mulai mengira ngira dan membuat simulasi sendiri berdasar pengalaman, oh pemimpin praktisi ekonomi seperti jokowi misalnya, ternyata paham cara bertahan di situasi sulit, sementara pemimpin yamg bukan praktisi akan berkutat pada teori dan jargon, disinilah orang akan lebih memilih figur seperti Erick Thohir dibanding figur yang lebig politis atau sekedar populis," terang Rahman.

Keberadaan Erick yang dinilai non partisan, diterima semua kalangan, juga akan membuat dirinya menjadi incaran Partai Politik peserta Pemilu 2024.

"Dari sisi politik sepertinya gak ada masalah, sosoknya non partisan, diterima semua kalangan dan bisa masuk ke siapapun, untuk Parpol figur seperti ini ideal, baik sebagai capres ataupun lebih mudah lagi jika sebagai Cawapres, karena terkadang ada faktor lain lagi mungkin yang jadi hitungan parpol," terang Rahman.

Dalam kalkulasi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional, maka keberlanjutan dari program program pemerintahan yg sudah di genjot di 10 tahun era Jokowi seperti pembangunan infrastruktur dan penguatan ketahanan ekonomi nasional lewat kebijakan kebijakan yang mendorong pembangunan industri dan penguatan ekspor akan juga akan terjaga keberlangsungannya di tangan Erick Thohir.

"Jadi semua pelaku ekonomi juga akan menghitung faktor kelanjutan dari program-program pemerintahan sebelumnya. Investor misalnya juga pelaku usaha dalam negeri yang hari ini menjadi pilar ketahanan ekonomi nasional, kecenderungannya mereka akan memilih figur yang dipandang paham akan program pemerintah saat ini. Jadi sosok Erick akan menjadi pilihan juga buat mereka," pungkas Rahman. (Pon)

Baca Juga

Respons Prabowo soal Peluang Gerindra Rujuk dengan PKS di Pilpres 2024

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kota Beijing Diperketat Usai Libur Musim Panas
Dunia
Kota Beijing Diperketat Usai Libur Musim Panas

Klaster terbaru di kampus tersebut merupakan peringatan atas meningkatnya risiko COVID-19 setelah para pelajar kembali ke kampus pascaliburan musim panas.

Status Halal dan Langkanya Vaksin Meningitis di Indonesia
Indonesia
Status Halal dan Langkanya Vaksin Meningitis di Indonesia

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, alasan terjadi kelangkaan ketersediaan vaksin minginitis di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena harus menunggu obat meningitis yang halal.

Polri Usut Hilangnya Rekaman CCTV saat Tragedi di Stadion Kanjuruhan
Indonesia
Polri Usut Hilangnya Rekaman CCTV saat Tragedi di Stadion Kanjuruhan

Polri akan mendalami informasi hilangnya rekaman CCTV saat pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan

Jatuh Dari Sepeda, Ganjar Pranowo Dirawat di Rumah Sakit
Indonesia
Jatuh Dari Sepeda, Ganjar Pranowo Dirawat di Rumah Sakit

Ganjar dikabarkan mengalami luka di tangan bagian kanan sehingga langsung dilariken ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis.

AS Bakal Berikan Sanksi bagi Penyedia Teknologi Militer Rusia
Dunia
AS Bakal Berikan Sanksi bagi Penyedia Teknologi Militer Rusia

Pemerintahan Joe Biden sedang mempersiapkan sanksi bagi perusahaan-perusahaan Rusia yang menyediakan barang dan layanan ke militer dan badan intelijen Moskow.

Kepala IKN Nusantara Minta Dukungan KPK Hingga Kejaksaan Demi Yakinkan Investor
Indonesia
Kepala IKN Nusantara Minta Dukungan KPK Hingga Kejaksaan Demi Yakinkan Investor

Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono memulai tugasnya dengan melakukan sejumlah koordinasi dengan unsur penegak hukum. Seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga Kejaksaan.

Jaksa Dilema dengan Tuntutan Richard Eliezer 12 Tahun Penjara
Indonesia
Jaksa Dilema dengan Tuntutan Richard Eliezer 12 Tahun Penjara

Jaksa mengaku dilema dalam menyusun tuntutan terhadap Richard yang dituntut dihukum 12 tahun penjara dalam kasus tewasnya Brigadir J.

DPRD Minta Pemprov DKI Kaji Usulan Perubahan Nama JIS ke MH Thamrin
Indonesia
DPRD Minta Pemprov DKI Kaji Usulan Perubahan Nama JIS ke MH Thamrin

"Itu bagian dari aspirasi masyarakat, Pemprov harus merespon, sudah sepatutnya untuk melakukan pembicaraan dan pengkajian," papar Syarif

Mantan Kapolres Bandara Soetta Kombes Edwin Hatorangan Hariadja Dipecat
Indonesia
Mantan Kapolres Bandara Soetta Kombes Edwin Hatorangan Hariadja Dipecat

Pemecatan dilakukan saat sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP).

Nostalgia Prabowo Jadi Tukang Pijit Gus Dur
Indonesia
Nostalgia Prabowo Jadi Tukang Pijit Gus Dur

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kembali melanjutkan safari Lebaran di Jawa Timur. Kali ini Menteri Pertahanan tersebut mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng di Jombang (4/5).