Erick - AHY Bersaing Ketat, Ridwan Kamil Masih Tertinggi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 27 Maret 2023
Erick - AHY Bersaing Ketat, Ridwan Kamil Masih Tertinggi
Hasil Survei. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Peta persaingan bakal cawapres di Pemilu 2024 mulai terlihat ketat. Ada tiga kandidat potensial yang bisa bertarung.

Dari hasil survei, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masih memimpin elektabilitas calon wakil presiden menjelang Pilpres 2024.

Baca Juga:

Demokrat Percayakan Sosok Cawapres ke Anies

Namun, elektabilitas Ridwan Kamil sebagai bakal cawapres mengalami tren menurun. Hal ini berbeda dengan Menteri BUMN Erick Thohir yang elektabilitasnya naik tajam.

Elektabilitas cawapres tersebut berdasarkan hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada Februari dan Maret 2023.

“Secara umum dukungan terhadap calon wakil presiden tidak banyak berubah, kecuali Erick Thohir yang meningkat cukup besar,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.

Burhanuddin mengatakan, elektabilitas Ridwan Kamil menurun dibandingkan dengan elektabilitas Erick Thohir.

Pada simulasi 5 nama, elektabilitas Ridwan Kamil menurun dari 25,2 persen pada November 2022 dan 25,9 persen pada Desember 2022 menjadi 22 persen pada Februari 2023.

Di antara lima nama cawapres, perubahan terjadi terutama pada Ridwan Kamil dan Erick Thohir yang menunjukkan pola terbalik.

"Pada saat elektabilitas Ridwan Kamil menurun signifikan, keterpilihan Erick Thohir justru meningkat tajam,” ungkapnya.

Selain Ridwan Kamil dan Erick Thohir, yang masuk pada simulasi lima nama lainnya adalah Sandiaga Uno, Khofifah Indah Parawansa, dan Agus Harimurti Yudhoyono.

Erick Thohir, kata Burhanuddin, relatif naik elektabilitas baik pada simulasi 18 nama, 9 nama, tujuh nama, maupun lima nama cawapres.

Berikut elektabilitas Cawapres simulasi lima nama versi Indikator Politik di Februari 2023:

1. Ridwan Kamil 22 persen
2. Sandiaga Uno 16,3 persen
3. Erick Thohir 17,6 persen
4. Agus Harimurti Yudhoyono 17,2 persen
5. Khofifah Indar Parawansa 9,4 persen

Survei dilakukan dua kali, yakni pada 9 Februari sampai dengan 16 Februari 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 orang dan margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei kedua dilaksanakan pada 12 Maret sampai dengan 18 Maret 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 800 orang dan margin of error sekitar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga:

Anies-AHY Unggul dalam Survei Simulasi Pasangan Capres-Cawapres

#Pemilu 2024 #Pilpres
Bagikan
Bagikan