Epic Resmi Luncurkan Unreal Engine 5

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 07 April 2022
Epic Resmi Luncurkan Unreal Engine 5
Kreativitas tanpa batas dengan Unreal Engine 5. (Foto: Epic)

SETELAH dua tahun diluncurkan dan digunakan untuk gim launch title konsol next-gen, kini Epic Games akhirnya merilis software yang dapat kamu gunakan untuk keperluan animasi, CGI, maupun gim. Software ini dapat diunduh secara gratis.

Seperti yang dikutip dari laman The Verge, banyak perkembangan besar pada update terbaru Unreal Engine 5, di antaranya adalah performa dan penggunaan memori yang lebih efisien hingga UI yang lebih sederhana untuk digunakan. Tapi kunci utama dari Unreal Engine 5 pada pengenalannya 2020 lalu tentu juga bisa digunakan untuk memperindah visual ala photorealistic.

Baca juga:

BTS Garap Skin Garena Free Fire

Salah satunya adalah Lumen, kunci fitur tersebut akan membawa lingkungan tiga dimensi menjadi lebih riil dengan membuat pencahayaan secara global dan dinamis. Lalu ada Nanite, dimana developer dapat memberikan detail lebih rinci mengenai runtuhan batu dan partikel kecil yang memantul ke tanah, serta alat praktek lainnya untuk membuat lingkungan satu area ataupun skala besar layaknya open-world menjadi lebih detail.

Bahkan banyak sekali developer yang menggunakan Unreal Engine 5 ini untuk merilis beberapa gim untuk konsol next-gen. Salah satunya adalah demo dari The Matrix Awakens untuk PlayStation 5, yang membuat model karakter serta aksi dalam gim menjadi seperti film, Metahuman untuk membuat wajah karakter yang detail hanya melalui browser, gim first-party Epic Games yakni Fortnite yang sudah berpindah, serta gim The Witcher baru yang dikabarkan akan berpindah engine dari REDEngine ke Unreal Engine 5.

Baca juga:

Rumor Terbaru Grand Theft Auto 6, Dua Saudara Kandung jadi Karakter Utama

"Amat sangat bagus ketika mengetahui bahwa kami dapat melakukan eksperimen dengan user experience dari para pengguna jauh sebelum orang lain lakukan. Jadi sepertinya, akan menjadi lebih bernilai bagi pengguna layanan kami karena mereka tak perlu melalui masa sulit untuk menggunakan engine ini." ujar Kim Libreri selaku CTO dari Epic.

Selain dunia gim, Unreal Engine juga sempat digunakan pada beberapa film ternama. Salah satunya adalah The Mandalorian, yang beberapa adegannya ternyata di render menggunakan animasi dari Unreal secara virtual. Bahkan kecenya engine ini ternyata bisa membuat sebagian crossover di antara dunia programming animasi serta perfilman.

Hadirnya Unreal Engine 5 ini akan mantapkan banyak orang untuk merilis gim maupun film dengan hasil render yang lebih detail. Untuk kamu para developer, kira-kira proyek apa yang akan kamu garap menggunakan engine ini? (dnz)

Baca juga:

Intip Detail 'Grand Theft Auto 6'

#Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan