Enggak Pernah Ada Kata Terlambat untuk Berolahraga Walau Usia Sudah Kepala Lima Manfaat olahraga selalu ada di usia berapapun (Foto: Pexels/rawpixel.com)

"JALANI hidup dengan baik, rajinlah berolahraga agar tubuh selalu sehat". Rasanya nasehat seperti itu sudah standar dan sering kamu dengar. Kenyataannya memang benar. Kamu bisa cegah berbagai macam penyakit dengan rajin berolahraga. Apalagi jika kamu memulai sejak usia muda.

Pertanyaannya, bagaimana kalau usianya sudah terlanjur tua? Misal sudah kepala empat atau lima tapi jarang olahraga. Jika mau mulai berolahraga di usia tersebut. Apakah sudah terlambat untuk mendapatkan manfaat tubuh sehat itu?

Jawabannya tentu enggak. Karena seperti yang dilansir dari laman WebMD. Sebuah studi mengatakan. Mau mulai olahraga di usia berapapun. Kamu tetap masih bisa mendapatkan manfaatnya. Entah sudah di usia 40 tahun ke atas atau 50 tahun ke atas.

1. Mengurangi risiko kematian sebanyak 35%

Belum terlambat untuk memulai aktivitas fisik (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Para peneliti di studi tersebut menemukan. Orang yang rajin berolahraga seumur hidup. Dapat mengurangi risiko kematian sebanyak 36%. Mengejutkannya, bagi mereka yang baru mulai rajin olahraga di usia 40-an sampai 50-an juga mendapatkan manfaat hampir sama.

Olahraga dapat mengurangi risiko kematian mereka sebanyak 35%. Jika dibandingkan dengan seseorang yang rajin berolahraga seumur hidup tadi. Perbandingannya enggak terlalu jauh bukan? "Usia setengah baya belum terlambat untuk memulai aktivitas fisik," menurut tim peneliti yang dipimpin oleh Pedro Saint-Maurice dari National Cancer Institute AS.

2. Dapat terhindar dari risiko penyakit jantung dan kanker

Risiko terkena penyakit jantung dan kanker pun berkurang (Foto: Pexels/Pixabay)

Penyakit bisa menyerang di usia berapapun. Termasuk penyakit yang paling mematikan. Penyakit jantung dan kanker. Ternyata, kamu juga bisa mengurangi risiko terkena kedua penyakit tersebut. Walaupun kamu baru memulai beraktivitas fisik di usia yang hampir paruh bahaya tadi.

Studi tersebut menunjukkan. Mereka yang mulai aktif olahraga di usia 40-an dan 50-an. Tingkat kematian mereka karena penyakit jantung turun sebesar 43%. Sementara kematian akibat kanker turun sebesar 16%. Dibandingkan mereka yang sama sekali enggak berolahraga.

"Studi ini, sekali lagi, menggambarkan pentingnya aktivitas fisik dalam hubungannya dengan kematian jangka panjang seseorang," kata ahli jantung Dr Evelina Grayver. Grayver juga menambahkan. Intinya mau mulai aktif berolahraga di usia berapapun. Manfaatnya selalu ada.

Kesimpulannya, enggak pernah ada kata terlambat untuk mulai rajin berolahraga ya sahabat Merah Putih. Di usia berapapun itu. Tapi yang pasti. Alangkah lebih baik jika kamu memulainya di usia muda. Tentu manfaatnya akan lebih baik. Tentu saja sesuaikan juga porsi olahraga sesuai usia kamu. (ikh)

Baca juga: Meskipun Sehat, Jangan Coba-Coba Mengonsumsi Makanan Ini Di Malam Hari

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH