Enggak Perlu Ribet, 5 Tanaman Bunga Ini Bisa Membantu Atasi Stres Mulailah mencium aroma bunga untuk menghilangkan stres (Foto: Pixabay/Pexels)

BANYAK orang mengalami stres sudah seperti makanan sehari-hari yang sulit untuk dihindari. Datangnya stres sendiri bisa disebabkan banyak faktor, diantaranya pekerjaan, keluarga, uang, dan lainnya.

Tanpa kita sadari ternyata banyak cara sederhana yang mampu mengatasi stres tanpa melakukan proses berbelit dan sulit. Salah satunya adalah menciumi dan merasakan aroma dari bunga. Berikut adalah beberapa jenis bunga yang mampu menekan rasa stres dan lebih bahagia.

Baca juga:

Saffron Bumbu Rempah Mahal Berkhasiat

Adas

Merupakan jenis bunga yang masuk dalam kategori jarang ditanam di rumah. Tak jarang bunga Adas dijadikan lebah sebagai tumpuan karena sifatnya yang kaya akan nektar. Adas juga memiliki warna yang dapat menyegarkan mata dan pikiran.

Sedikit berbeda dengan tanaman lainnya, Adas dapat ditanam langsung ke dalam tanah tanpa memerlukan wadah pot. Namun sebelumnya perlu dipastikan tanahnya gembur hingga tumbuh benih.

Dalam jangka waktu dua minggu diperlukan perawatan yang intensif dan dilanjutkan dengan perawatan normal saat memasuki waktu dua bulan.

Oregano

Oregano berasal dari dataran Mediterania, sering dikenal sebagai bahan yang sering dipilih sebagai topping pizza. Tak heran dijadikan pilihan karena memiliki rasa yang nikmat dan mengandung banyak zat anti depresan.

Sebelumnya perlu membeli dahulu bibitya karena tanaman oregano termasuk sulit untuk mendapatkannya. Bunga ini dapat ditanaman langsung ke dalam tanah maupun menggunakan media pot. Jangan lupa meletakkan di tempat yang terpapar sinar matahari agar tumbuh subur.

Baca juga:

Digunakan Sejak Berabad-abad, Ini Antibiotik Alami yang Terbukti Berkhasiat

Rosemary

View this post on Instagram

Rosemary Flowers

A post shared by clyde yoshida (@vibrant_soap) on

Sering digunakan sebagai pengharum ruangan karena Rosemary memiliki karakter wanginya yang segar. Efek wangi yang dikeluarkan juga dipercaya bisa membuat seseorang menjadi lebih peduli terhadap di lingkungan sekitar.

Sistemnya mirip dengan Anggrek, perbedanya terdapat pada waktu yang lama sekitar tiga mingguan untuk dapat untuk dapat tumbuh secara maksimal. Cocok ditanam dalam kondisi suhu yang tidak terlalu ekstrim.

Lavender

Dikenal mengandung minyak esensial yang kaya. Berfungsi sebagai pengusir nyamuk, lavender juga dipercaya untuk menekan rasa gelisah, mengatasi depresi serta mengurangi ketegangan.

Untuk menanamnya dianjurkan memakai pot. Pot perlu ditambah lapisan styrofoam sebelum diberi tanah untuk menyerap lembab karena lavender adalah tanaman yang mudah berair.

Chamomile

Berasal dari daratan Eropa dan merupakan kategori tanaman langka. Chamomile akan sulit tumbuh jika dibudidayakan dengan cara yang tidak tepat. Chamomile memiliki sifat yang menenangkan, menghilangkan stres dan membuat tidur lebih pulas.

Memerlukan waktu sampai 14 hari untuk memastikan Chamomile dapat tumbuh secara baik. Gunakan bibit unggul dengan tanah yang tak terlalu lembab dan terlindung dari sinar matahari. (lgi)

Baca juga:

Menyesap Secangkir Teh Herbal di Ubud

Kredit : leonard


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH