Enggak Perlu Jauh-jauh ke Jepang, Melihat Bunga Sakura Juga Bisa di Indonesia Di Indonesia juga bisa melihat bunga Sakura (foto: pixabay/DesignNPrint)

WARGA Jepang saat ini sedang menikmati festival Hamani. Festival ini adalah momen ketika keluarga atau teman-teman melakukan piknik di bawah pohon Sakura sambil menikmati keindahannya. seperti yang kita tahu, akhir Maret atau awal April adalah saat-saat bunga Sakura berada di puncak mekarnya. Mekarnya bunga Sakura ini juga menandakan pergantian musim dingin ke musim semi.

Makanya, banyak wisatawan yang datang ke Jepang pada saat-saat seperti ini untuk melihat bunga Sakura. Padahal ya kamu enggak perlu jauh-jauh ke Jepang lo. Di Indonesia, kamu juga melihat bunga Sakura. Enggak percaya? Nih buktinya.

1. Bali Botanical Garden

Enggak Perlu Jauh-jauh ke Jepang, Melihat Bunga Sakura Juga Bisa di Indonesia
Caption


Di pulau Dewata, bunga khas Jepang ini juga bisa tumbuh lo. Akan tetapi di sini bunganya tidak bisa mekar secara maksimal karena perbedaan habitat. Namun tetap bisa terlihat bunga-bunga Sakura yang indah itu di sini.

Pohon Sakuranya sendiri sudah berhasil dikoleksi sejak tahun 1959 dan 1984. Kemudian jenis bunga Sakura yang ada di Bali Botanical Garden ini adalah Prunus puddum Roxb. ex Wall. dan Prunus campanulata Maxim.

Kalau kamu mau lihat bunganya, kamu bisa datang pada bulan April-September. Nanti kamu bisa melihat Sakura berwarna pink dan merah keunguan.

(Video: YouTube/Kebun Raya Bali LIPI)

2. Kebun Raya Cibodas LIPI

Enggak Perlu Jauh-jauh ke Jepang, Melihat Bunga Sakura Juga Bisa di Indonesia
Caption


Awal Januari 2018 lalu, bunga Sakura juga bermerakan di Kebun Raya Cibodas LIPI lo. Ada dua jenis Sakura yang mekar, yaitu Prunus cerasoides yang tumbuh di rumah kaca dan Prunus cerasoides dan Prunus sp yang ada di Taman Sakura.

Walaupun enggak persis sama kayak Sakura di Jepang, namun bunga Sakura di sini bisa mekar dua kali dalam setahun lo!

Jadi kamu tetap bisa menikmati keindahan pohon sakura yang bunganya berwarna pink kepucatan ini. Kapan kamu bisa datang untuk melihatnya? Waktu terbaik untuk datang adalah pada Januari-Februari dan Juli-Agustus.

(Video: YouTube/Trino Utomo)

3. Waingapu, Sumba Timur

Enggak Perlu Jauh-jauh ke Jepang, Melihat Bunga Sakura Juga Bisa di Indonesia
Caption


Tempat terakhir untuk melihat Sakura di Indonesia ada di bagian Timur Indonesia. Kamu juga bisa menyaksikan mekarnya bunga cantik ini Sumba Timur. Tepatnya di Waingapu dekat dengan Pantai Puru Kambera.

Selain indah, kamu bisa merasakan sensasi baru dalam melihat bunga Sakura. Daerah Sumba identik dengan padang sabana. Makanya di sini kamu bisa melihat mekarnya Sakura sambil menikmati sabana.

Waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah bulan September dan Oktober karena pada bulan-bulan ini, bunga Sakura ada pada masa puncak mekarnya.

(Video: YouTube/Sumba Timur Cycling Community)

(sam)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH