Enggak Pakai Ribet, Ini 5 Tips Melewati Pemeriksaan Bandara Dengan Cepat Kenali beberapa tips ampuh untuk melewati pemeriksaan bandara dengan cepat (foto: pixabay/stocksnap)

KETIKA musim liburan tiba, Bandara menjadi salah satu tempat yang paling sibuk. Sangking sibuknya, tak ayal jika terlihat antrian panjang disejumlah pintu pemeriksaan bandara.

Pemeriksaan di bandara sendiri merupakan sebuah standar keamanan penerbangan yang diterapkan pada setiap negara. Biasanya proses pemeriksaan bandara cukup membutuhkan waktu lama. Hal itu tentunya akan membuang waktu kamu, apalagi saat kamu ingin terburu-buru untuk check in agar tak ketinggalan pesawat.

Baca Juga:

Yuk Intip Deretan Destinasi Liburan Akhir Tahun Terbaik di Luar Negeri

Itulah mengapa kamu membutuhkan sebuah strategi dan tips melewati pemeriksaan di Bandara dengan cepat disaat musim liburan tiba. Seperti yang dilansir dari laman airpaz, berikut ini beberapa tips ampuhnya.

1. Kemas Barang Bawaan dengan Praktis dan Efektif

Pilihlah barang-barang yang kamu butuhkan (Foto: pixabay/free-photos)

Tips yang pertama yakni dengan mengemas barang-barang bawaan dengan tepat. Dalam hal ini kamu bisa mengelompokan barang bawaan sesuai dengan jenisnya, guna memudahkan petugas saat melakukan pemeriksaan terhadap barang yang kamu bawa.

Namun kamu juga jangan lantas membawa barang secara berlebihan, pilihlah barang yang dirasa penting dan dibutuhkan selama traveling. Karena tak hanya bisa menghemat ruang dan biasa bagasi, tetapi juga dapat mempercepat proses pemeriksaan di bandara.

2. Datang Ke Bandara Lebih Awal

Datanglah lebih awal dari jam penerbangan (Foto: pixabay/skitterphoto)

Jika kamu berharap bisa melewati pemeriksaan dengan cepat, pastikan kamu datang lebih awal atau tak terlalu dekat dengan jadwal keberangkatan.

Hal itu memungkinkan kamu memilik waktu luang untuk memeriksa barang bagasi atau menyiapkan sejumlah dokumen yang kamu butuhkan.

Lalu, keuntungan datang lebih awal maka kamu bisa melakukan pemeriksaan lebih awal dengan antrian yang lebih sedikit.

Baca Juga:

Masa Berlaku Paspor Habis? Ini Rincian Biaya untuk Perpanjang

3. Cermat Dalam Memilih Deretan Antrean

Cermatlah dalam memilih antrean (Foto: pixabay/jeshoots-com)

Untuk melewati pemeriksaan di bandara, seluruh calon penumpang biasanya akan mengantri di depan alat pemindai.

Jika saat kamu datang sudah ada beberapa deretan di depan pintu pemindai, maka pastikan untuk memilih antrian yang tak banyak jumlah antriannya, dan juga tak banyak anak-anak.

Lalu, pilihlah antrian dengan bagasi yang terlalu banyak, dengan begitu kamu tak perlu mengantri terlalu lama.

4. Siapkan Dokumen Penting Untuk Pemeriksaan Bandara

Siapkan dokumen penting yang biasa ditanyakan saat pemeriksaan (Foto: pixabay/skitterphoto1)

Tips yang keempat yakni menyiapkan seluruh dokumen yang kamu butuhkan pada pemeriksaan. Seperti identitas diri, boarding pass maupun paspor.

Sebaiknya kamu tempatkan ketiga dokumen itu pada satu tempat sehingga akan lebih mudah dan cepat saat kamu melewati pemeriksaan.

5. Lepaskan Barang-Barang yang Mengandung Logam

Lepaskan beberapa barang yang mengandung metal/logam (Foto: pixabay/couleur)

Guna mempercepat proses pemeriksaan di Bandara, sebaiknya kamu lepaskan beberapa barang yang mengandung metal seperti jam tangan, ikat pinggang, ponsel, perhiasan dan barang lainnya sebelum kamu melewati metal detector.

Usai melalui pemeriksaan, kamu bisa memakainya di boarding room. Dengan begitu, maka proses pemeriksaan akan jauh lebih cepat lantaran tak harus melewati alat pemindai berulang kali karena adanya metal yang terdeteksi. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Ampuh Memulai Usaha Jastip Sambil Traveling

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH