Enggak cuma Bandung, Serabi dari Berbagai Daerah ini Sama Enaknya Serabi yang kini jadi jajanan trendi punya banyak variasi. (foto: Instagram @cari_makan_yuk)

KALAU ditanya serabi, kamu pasti menjawab asalnya dari Bandung. Memang Surabi Bandung lebih kesohor ketimbang sajian serupa dari daerah lain.

Faktanya, berbagai daerah di Indonesia juga punya sajian sejenis surabi. Bentuknya sama, bundar dan empuk. Citarasa yang ditawarkan pun hampir mirip, manis dan legit.

Berikut beberapa serabi dari berbagai daerah di Nusantara.

1. Serabi Solo

serabi solo
Serabi Solo merupakan bentuk klasik kue khas ini. (foto: Instagram @sincerelyoliv)

Dari semua jenis serabi yang ada di Nusantara, kue khas Solo inilah yang paling mendekati bentuk klasiknya. Serabi Solo dibuat dengan tepung beras, gula, garam, dan santan.

Perpaduan rasanya lebih legit daripada serabi Bandung, sehingga disantap tanpa saus pun sudah nikmat. Namun, beberapa orang menambahkan taburan meises, parutan keju, atau kacang supaya makin bercitarasa.
Selain rasa yang lebih legit, serabi Solo juga punya bentuk unik. Bagian pinggirnya bertekstur garing dengan warna kecoklatan, sedangkan tengahnya cenderung basah dan lembut dengan warna putih. Saat disajikan, kue serabi digulung dalam daun pisang. Penyajian itu bikin aroma serabi makin kuat.

2. Serabi Jakarta

kue ape, serabi jakarta
Di Jakarta, serabi dikenal dengan nama kue ape. (foto: Instagram @denny_ritonga)

Belum tahu serabi Jakarta? Wajar saja, karena nama kue serabi Jakarta lebih dikenal dengan kue ape atau kue tetek.

Bentuknya memang mirip serabi Solo, tapi bagian tengah kue ape lebih kecil, menggembung, dan padat. Kalau serabi Solo identik dengan adonan putih, kue ape bisa dibuat dengan dua warna, yaitu hijau dan putih.

Kue ape dibuat dari terigu, telur, santan, bahan pengembang, dan perasa vanili. Rasanya yang gurih dengan tekstur pinggiran renyah. Dinikmati tanpa taburan pun sudah enak. Kamu bisa dengan mudah menemukan jajanan ini penjaja kaki lima banyak menjualnya di sudut-sudut jalan kota.



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH