Film
Enggak Cengeng, Karakter Utama di 5 Film Ini Tidak Menyerah pada Keadaan Yuk belajar enggak cengeng dari berbagai karakter film ini (Foto: IMDb)

KONDISI pandemi otomatis menghadapkan kita pada dua pilihan. Meratapi nasib, mengeluh, cengeng atau menghalalkan sejuta alasan untuk tetap semangat dan enggak putus asa. Padahal, kesempatan baru justru bisa muncul dalam keadaan sulit yang dihadapi seluruh orang di dunia saat ini.

Lagipula ini bukan pertama atau kedua kalinya kita menghadapi situasi yang sulit bukan? Coba deh belajar dari karakter-karakter di beberapa film. Meski ditekan dengan masalah dan kondisi yang sulit, putus asa enggak ada dalam kamus mereka.

Baca juga:

Biar Enggak Cengeng, 3 Lagu Upbeat yang Baru Rilis ini Wajib Kamu Dengarin

Karakter utama dalam film-film ini memutuskan untuk enggak cengeng, mereka justru mempunyai semangat juang besar untuk keluar dari masalah.

1. Chris Gardner (The Pursuit of Happiness)

Kalau nonton film yang satu ini rasanya kita semua pasti ingin meneteskan air mata. Bagaimana tidak kalau disuguhi sama plot cerita dan kemampuan aktingnya Will Smith yang luar biasa.

Apalagi ketika adegan-adegan mengharukan antara ayah dan anak itu ditampilkan di layar. Terutama momen ketika mereka tidak punya tempat untuk bermalam dan terpaksa tidur di toilet umum. Rasanya miris sekali.

Tapi Chris Gardner enggak cengeng lho. Dia berusaha berusaha dan berusaha untuk keluar dari situasinya yang sulit agar punya kehidupan yang lebih baik untuk dirinya dan putranya.

Di akhir film kita pun bisa melihat perjuangannya akhirnya enggak sia-sia. Semangat juang dari karakter yang satu ini wajib banget dicontoh. Meski keadaan menekan enggak ada alasan untuk berputus asa dan menyerah sama keadaan.

2. Chuck Noland (Cast Away)

Apa ya rasanya terdampar sendirian di sebuah pulau tak berpenghuni selama bertahun-tahun? Kita mungkin sudah gila dan ingin menyerah aja. Tapi buat Chuck Noland yang diperankan oleh Tom Hanks ini, menyerah sama keadaan bukan jawaban.

Sebuah kecelakaan pesawat membuat Chuck akhirnya terjebak di sebuah pulau. Ia harus beradaptasi dengan keadaan normalnya yang baru itu. Mulai dari membuat teman untuk diajak mengobrol, mencari makanan dan air bersih, membuat api, dan ya bertahan hidup.

Kalau kita di posisinya pasti rasanya ingin menangis dan menyerah aja deh. Apalagi enggak ada kejelasan tentang hari esok. Tapi dari Chuck kita belajar untuk selalu mencoba lagi meski gagal.

Buktinya dia berhasil keluar dari pulau itu dan enggak cast away lagi kok. Kalau dengan masalah sebesar itu saja dia bisa. Masa kita cengeng cuma karena pandemi ini?

Baca juga:

Gue Enggak Cengeng, Bawa Kedai ke Rumah

3. Mark Watney (The Martian)

Dari karakter Mark Watney kita belajar untuk mencari kesempatan dalam kesempitan. Dalam film The Martian, astronot Mark Watney mengalami kesialan karena ketika ia dan teman-temannya sedang melakukan misi ke Mars ia malah ketinggalan di sana.

Kebayang enggak sih terdamparnya tuh di planet lain yang notabene butuh oksigen dan belum dieksplor. Dia harus mengalami ketakutan dan kekhawatiran yang luar biasa sendirian lho.

Tapi Mark enggak menyerah begitu saja. Dengan kemampuannya sebagai botanist ia justru bisa mencari kesempatan dari kesempitan. Walau dari bahan seadanya namun digabungkan dengan daya juangnya, ia berhasil menanam makanan di Mars dan bertahan hidup.

Enggak hanya itu, setiap harinya dia berjuang dengan berbagai cara supaya bisa kembali ke bumi. Kalau kamu yang dihadapi dengan situasi ini, apa yang kamu lakukan?

4. Piscine Molitor 'Pi' (Life of Pi)

Karakter Pi dari film ini juga patut diacungi jempol. Apalagi terlihat perkembangan karakter yang baik dari seorang Pi yang tadinya takut dengan harimau di kebun binatangnya sampai akhirnya dia bisa menaklukkan ketakutannya dan ‘berteman’ dengan Richard Parker si harimau.

Dalam film tersebut, Pi dihadapkan sama situasi yang sulit karena kecelakaan. Hal tersebut membuatnya jadi harus terdampar di life boat dengan teman perjalanan yang bisa membunuhnya sewaktu-waktu. Tapi Pi mencari akal dengan sumber daya yang minim.

Pada akhirnya dia bisa melewati waktu terombang-ambing di laut bersama Richard Parker dan bisa selamat. Kita juga bisa melihat perjuangannya yang luar biasa untuk pulang.

Pada adegan beberapa saat sebelum filmnya habis, Pi dan Richard Parker menemukan sebuah pulau. Di sana mereka bisa makan, minum, dan beristirahat. Namun ternyata pulau tersebut adalah pulau yang membunuh.

Alih-alih menyerah dan menikmati sesuatu yang menyenangkan, Pi memutuskan kembali untuk mengarungi laut mencari jalan pulang padahal ia pun tidak punya kepastian apakah dia bisa selamat atau tidak. Tapi dia berani mengambil keputusan untuk tetap melangkah maju sesulit apapun keadaannya. Salut.

5. Robert Neville (I Am Legend)

Will Smith memang ‘legend’ banget deh buat memerankan karakter-karakter hebat yang enggak putus asa ketika dihadapi sama keadaan yang sulit. Buktinya ia kembali memerankan Robert Neville dalam film bertema post-apocalyptic ini dan berjuang menghadapinya.

Dalam film diceritakan obat yang seharusnya ditujukan untuk mengobati kanker malah berubah menjadi virus mematikan yang membunuh 90 persen populasi dunia.

Sayangnya 9,8 persen lainnya malah berubah jadi zombie mutan kanibal yang disebut sebagai darkseekers. Dan 0,2 persen sisanya adalah mereka yang kebal terhadap virus termasuk diantaranya si Robert Neville.

Selama tiga tahun ia berjuang sendiri dalam kehidupan barunya itu. Mulai dari bereksperimen dengan tikus untuk hasilkan antidote, mencari makanan, dan menunggu setiap harinya untuk mencari orang-orang yang juga imun.

Walaupun harus berjuang mati-matian di akhir film akhirnya ia berhasil menemukan vaksin untuk menyembuhkan virus itu. Meski harus mengorbankan nyawa, Robert tetap berusaha dan akhirnya menjadi legenda. (sam)

Baca juga:

Bukti Hotel JHL Solitaire Enggak Cengeng, Beri Promo Seru 'Pay Now Stay Later'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sampah ini Turut Mencemari Bumi!
Fun
Sampah ini Turut Mencemari Bumi!

ternyata ada banyak jenis sampah lainnya yang juga turut mencemari bumi.

Perempuan, Menjadi Optimis Membuat Panjang Umur
Hiburan & Gaya Hidup
Perempuan, Menjadi Optimis Membuat Panjang Umur

Cenderung memiliki kesehatan jantung yang lebih baik.

Mata Iritasi Jangan Dikucek, Ternyata Itu Bisa Memperburuk Kondisi Mata
Fun
Mata Iritasi Jangan Dikucek, Ternyata Itu Bisa Memperburuk Kondisi Mata

Sering mengucek mata terlalu berisiko untuk dilakukan, bisa memperburuk kesehatan mata.

Saat Jatuh Cinta, Pria Andalkan Insting Primitif
Fun
Saat Jatuh Cinta, Pria Andalkan Insting Primitif

Pria jatuh cinta lebih cepat daripada wanita.

Cristiano Ronaldo Positif COVID-19
Olahraga
Cristiano Ronaldo Positif COVID-19

Ronaldo dipastikan absen untuk beberapa laga mendatang.

Alasan Kamu Sebaiknya Rayakan Tahun Baru di Rumah
Fun
Cara Hentikan Kebiasaan Buruk di Masa Pandemi
Fun
Cara Hentikan Kebiasaan Buruk di Masa Pandemi

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mengubah perilaku buruk:

WHO Perbarui Panduan Pemakaian Masker
Fun
WHO Perbarui Panduan Pemakaian Masker

Panduan ini dibuat demi mencegah penularan virus Corona lebih baik lagi.

Gratis, Buku Panduan Tertib Bersepeda dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta
Fun
Gratis, Buku Panduan Tertib Bersepeda dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta

Buku itu berisikan panduan yang akan membuat kamu memahami cara bersepeda di jalan.

Alasan Mengapa Istri Berselingkuh
Fun
Alasan Mengapa Istri Berselingkuh

Alasannya pun beragam, mau tahu apa saja?