Enggak Bisa Lepas dari Nasi? Nih 3 Menu Nasi Khas Indonesia Kesukaan Bondan Winarno

Rina GarminaRina Garmina - Jumat, 01 Desember 2017
Enggak Bisa Lepas dari Nasi? Nih 3 Menu Nasi Khas Indonesia Kesukaan Bondan Winarno
Nasi putih. (Foto: Pixabay)

KEBANYAKAN orang Indonesia enggak bisa lepas dari nasi. Katanya belum kenyang kalau belum makan nasi. Ungkapan ini bukan sekadar mitos.

Ada penelitian yang mengungkap karbohidrat pada nasi menyebabkan adiksi. Jadi enggak aneh dong kalau orang yang sudah biasa makan nasi selalu ketagihan menikmatinya. Bahkan pakar kuliner yang baru saja berpulang, Bondan Winarno, pun selalu memasukkan menu nasi dalam makan siangnya.

Ketika berjumpa dengannya pada 2015, pria yang kerap disapa Pak Bondan ini mengungkapkan pula kesukaannya pada menu nasi khas Tanah Air. Setidaknya ada tiga menu nasi yang menjadi favoritnya, yaitu Nasi Ulam Betawi, Nasi Cakalang Pampis Manado, dan Nasi Tutug Oncom.

Rekomendasi tempat makan kuliner khas Indonesia berbahan dasar nasi itu pun turut ia dokumentasikan dalam bukunya yang berjudul '100 Makanan Tradisional Indonesia Mak Nyus'. Mengenang Pak Bondan, berikut nasi-nasi favoritnya lengkap dengan cara pembuatannya.

Nasi Ulam Betawi

Nasi Ulam Betawi punya cita rasa manis gurih. Nasinya mirip nasi uduk. Penyajiannya ditaburi serundeng dari lengkuas, kelapa, ebi sangrai dan kacang tanah goreng. Salah seorang pedagang Nasi Ulam Betawi di kawasan Kalibata, Jakarta, biasanya menambahkan sayuran mentah berupa kacang panjang dan kemangi yang dirajang halus pada Nasi Ulam Betawi yang dijualnya.

Penambahan sayuran mentah menciptakan tekstur crunchy. Seperti Nasi Uduk, Nasi Ulam Betawi ini juga bisa disantap bersama tahu semur, bihun goreng, perkedel dan kerupuk. Meski tak menggunakan santan, Nasi Ulam Betawi cukup gurih lantaran memakai serundeng.

Nasi Tutug Oncom

Kuliner khas Sunda. Sempat dilupakan, namun beberapa tahun terakhir ini pamornya naik kembali. Banyak resto yang menawarkan nasi bercampur oncom tumbuk kasar. Rasa kencur pada Nasi Tutug Oncom cukup kuat.

Pembuatannya juga gampang. Siapkan nasi, oncom, cabai rawit, kencur, bawang putih, dan garam. Campur semua bahan hingga rata. Bila semua bahan sudah tersedia, Anda hanya membutuhkan waktu maksimal lima menit. Di Jawa Barat, orang kadang mengganti oncom dengan rengginang yang ditumbuk kasar.

Nasi Cakalang Pampis Manado

Cakalang pampis itu Manado banget. Dikenal pula dengan Nasi Bakar Manado, Nasi Pampis, Nasi Cakalang atau Nasi Tustus. Sama seperti Nasi Ulam, bahan utamanya adalah nasi.

Nasi ini dicampur dengan cakalang pampis alias abon cakalang. Anda bisa membuat cakalang pampis ini sendiri atau membelinya di supermarket atau toko online. Cara membuatnya gampang. Siapkan nasi dan cakalang pampis. Aduk rata keduanya.

Pak Bondan biasanya memasukkan sayuran untuk menambah nutrisi. Bakar nasi di atas api sedang. Angkat setelah aroma wangi cakalang tercium.

Dari tiga menu berbahan utama nasi tersebut, Anda pernah coba yang mana? (*)

Dapatkan pula resep komplet Nasi Ulam pada artikel Nasi Ulam, Kuliner Khas Betawi Favorit Pak Bondan. Rasanya Mak Nyus!

#Bondan Winarno #Nasi Ulam #Nasi Tutug Oncom #Nasi Cakalang Pampis
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan