Enggak Bikin Haus, Aktivitas Sederhana Ini Dapat Membakar Kalori Saat Puasa Membakar kalori saat puasa enggak sulit (Foto: pexels/Daniel Reche)

SAAT puasa, tentu tubuh terasa lapar dan haus. Hal ini membuat tenaga kamu berkurang dan malas melakukan aktivitas. Jadinya kamu malah malas-malas di atas tempat tidur. Padahal, enggak baik kalau kamu cuma bermalas-malasan walau sedang berpuasa. Tubuh pun akan terasa kaku.

Kamu harus tetap semangat berkegiatan selama berpuasa. Hitung-hitung untuk membakar kalori yang kamu asup saat sahur pagi ini dan berbuka puasa kemarin. Melansir Alodokter, aktivitas sederhana ini dapat kamu lakukan selama berpuasa untuk membakar kalori.

1. Memasak

Memasak selama 30 menit dapat membakar 80 kalori (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Memasak dapat membakar kalori, dari memotong bahan makanan, mengangkat penggorengan, hingga menggerakkan spatula. Orang yang berbobot 70 kg nyatanya dapat membakar 80 kalori jika memasak selama 30 menit. Jadi, sambil memasak makanan untuk berbuka, kamu sekaligus sudah membuang kalori yang enggak dibutuhkan tubuh.

2. Membersihkan rumah

Rumah bersih, kalori terbakar (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Selain membuat rumah bersih, tubuh kamu juga bisa bersih dari kalori yang enggak perlu. Jika berat badan kamu 70 kg, bersih-bersih rumah selama 30 menit dapat membakar sekitar 85-100 kalori. Yuk pagi ini mulai sapu dan pel lantai, dan bersihkan berbagai perabotan rumah lainnya ya.

Baca juga:

Benar Enggak Sih Kamu Bisa Masuk Angin? Ini Penjelasannya Secara Medis

3. Jalan kaki

Cobalah berjalan kaki ke tempat-tempat yang dekat dari rumah (Foto: Pexels/Yogendra Singh)

Enggak perlu berlari, jalan kaki saja sudah cukup untuk membakar kalori tubuhmu. Enggak perlu jalan ke tempat yang jauh juga. Cukup jalan kaki ke tempat yang dekat dari rumah, seperti ke supermarket atau rumah teman.

Menurut penelitian, jalan kaki selama 30 menit bisa membakar sebanyak 200 kalori pada tubuh. Tapi kembali lagi hal itu tergantung seberapa berat bobot tubuh kamu. Serta seberapa sering intensitas jalan kaki kamu.

4. Belanja

Sambil melihat barang-barang bagus, kalori pun ikut terbakar (Foto: Pexels/bruce mars)

Kegiatan yang satu ini bukan cuma asyik. Tapi nyatanya sambil berburu barang-barang bagus di mal kalori tubuh kamu pun ikut terbakar. Bahkan jika kamu hanya sekadar melihat-lihat barang di gerai-gerai yang ada di mal. Hal itu sudah hampir setara dengan berolahraga.

Selain berbelanja di mal. Kamu juga bisa membakar kalori dengan berkeliling mencari bahan makanan di pasar.

Bagaimana sahabat Merah Putih, gampang banget kan untuk membakar kalori saat puasa? (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH