Enggak Biasa, Aktor ini Sukses Perankan Karakter Perempuan Aktor ini sukses memerankan gender berbeda di film mereka. (foto: telegraph.co.uk)

KEMAMPUAN akting yang bagus saja tidak cukup bagi seorang aktor untuk jadi bintang dunia hiburan. Selain mampu berakting, seorang aktor harus berani mengembangkan diri dengan memerankan berbagai karakter yang berbeda. Mereka yang mampu terus belajar tentu akan bertahan di tengah persaingan.

Salah satu tantangan dalam seni peran yang tidak semua aktor bisa lakukan ialah memerankan karakter cross-gender. Cross-gender merupakan istilah memainkan peran dengan gender yang berbeda. Tak banyak yang bisa memang, tapi 6 aktor ini berani menantang diri mereka dengan mengambil proyek film cross-gender. Hasilnya malah di luar dugaan.

BACA JUGA: Perempuan-Perempuan yang Piawai Mentato

1. Adam Sandler, Jack and Jill

adam sandler
Memerankan dua karakter beda gender sekaligus. (foto: IMDB)

Selera humor Adam Sandler memang sedikit 'gila'. Namun, saat ditawari berperan dalam film Jack and Jill, Sandler benar-benar total. Ia bahkan memerankan dua karakter dengan gender yang berbeda. Ia memerankan kembar laki-laki dan perempuan yang memiliki karakter jauh berbeda, yakni Jack dan Jill.

2. Jared Leto, Dallas Buyers Club

jared leto
Perankan perempuan pencandu dan pengidap HIV. (foto: provok online)

Dalam hal akting, kemampuan Jared Leto sudah tak perlu dipertanyakan. Aktor yang juga seorang musisi ini sukses memerankan karakter Rayo pada film Dallas Buyers Club.

Karakter perempuan penderita HIV dan kecanduan narkotika itu dibawakan Leto hingga berhasil membuat penonton terbawa alur cerita.


3. Eddie Redmayne, The Danish Girl

eddie redmayne
Memerankan perempuan transgender pertama di dunia. (foto: IMDB)

Saat menonton The Danish Girl, kamu akan terkagum dengan transformasi seorang Eddie Redmayne. Aktor Inggris ini memerankan karakter Einar Wagener, seorang transgender pertama di dunia. Dikisahkan, karakter Einar justru melakukan operasi perubahan atas permintaan sang istri.

Untuk perannya di film ini, Redmayne bahkan dinominasikan Oscar untuk pemeran pria terbaik.


4. Gael Garcia Bernal, La Mala Educacion

gael garcia bernal
Peran cross-gender membuatnya makin dikenal. (foto: IMDB)

Di balik sosok Transvesite dalam film La Mala Educacion, ternyata ada seorang pria. ALih-alih perempuan. Karakter itu diperankan Gael Garcia Bernal. Kepiawaiannya dalam membawakan peran cross-gender di film itu membuat nama Bernal makin berkibar di industri hiburan.

5. Robin Williams, Mrs. Doubtfire

Robin Williams
Berubah jadi Mrs Doubtfire. (foto: telegraph.co.uk)


Film yang satu ini klasik banget. Seorang ayah yang rela melakukan apa saja demi dekat dengan anak-anaknya setelah perceraian. Ia bahkan rela mengubah diri menjadi karakter Mrs Doubtfire, baby sitter yang disewa untuk merawat anak-anaknya.

Dengan sentuhan komedi dan penampilan apik Williams, film ini berhasil menyampaikan pesan menyentuh kepada penonton.


6. John Travolta, Hairspray

john travolta
Sukses perankan karakter Edna Turnblad. (foto: IMDB)

Pria segagah John Travolta pun ternyata bisa bermain cross-gender. Tak hanya sebentar, bahkan sepanjang film. Travolta berubah menjadi Edna Turnblad di film Hairspray. Dengan gaya rambut sasak tinggi yang khas, Travolta berhasil berperan dalam drama musikal ini dengan apik. Kamu sudah nonton?(kiel)

BACA JUGA: 4 Alasan Kenapa Perlu Membiarkan Anak 'Nakal' Pada Masanya


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH