Enggak Becus Kurangi Penyebaran COVID-19, Para Kapolda Siap-Siap Dicopot!

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 12 Agustus 2020
Enggak Becus Kurangi Penyebaran COVID-19, Para Kapolda Siap-Siap Dicopot!
Wakapolri Komjen Gatot Eddy. (Foto: MP/Kanugrahan)

Merahputih.com - Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono mengancam bakal Kapolda yang tidak becus membantu pemerintah dalam mengurangi penyebaran virus COVID-19 dan membantu upaya penegakan disiplin masyarakat terkait kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Hal ini menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (COVID-19).

Baca Juga

Anak Buah Anies Beberkan Tingkat Kesembuhan COVID DKI di Atas Angka Nasional

Inpres tersebut ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 4 Agustus 2020. Salah satu tujuannya adalah memberikan kepastian hukum terhadap upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19.

"Kalau nanti Kapolresnya juga tidak bekerja dengan serius, kita ganti Kapoldanya," ujar Gatot di Polda Metro Jaya, Rabu (12/8).

Ia mengatakan, untuk mendisiplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan, pihaknya mengedepankan langkah-langkah persuasi dan menjadikan penegakan hukum merupakan upaya terakhir.

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. (ANTARA/ HO-Polri)

Hal ini akan dilaksanankan bersama-sama dengan TNI dan pemerintah daerah. Gatot juga meminta jajarannya terus memerangi berita bohong alias hoaks soal COVID-19.

Apabila pihaknya dapat bekerja dengan maskimal, pemulihan di bidang kesehatan dapat terwujud seperti di sektor ekonomi juga akan pulih.

Baca Juga

1.194 Anggota TNI di Secapa AD Berhasil Sembuh dari COVID-19

"Saya sampaikan ke Kapolda dan Krimsus jangan ada berita hoaks terkait covid ini. Tegakkan hukum. Kalau ada hoaks, tahan saya bilang. Tapi dalam penegakan hukum kita kedepankan langkah humanis. Dimana ada pendisiplinan di situ ada anggota polisi," katanya.

Gatot pun menegaskan penggunaan masker menjadi gaya hidup dalam masa pandemi dan itu merupakan 'senjata' paling penting jika tak mau tertular. (Knu)

#COVID-19 #Obat Covid #Kasus Covid #Kalung Covid #Test Covid 19 #Anggaran COVID #Vaksin Covid-19 #Satgas COVID-19
Bagikan
Bagikan