Enggak bakal Mati Gaya, 5 Hal Seru ini Bisa Kamu Lakukan saat Nyepi di Bali Banyak hal seru yang bisa kamu lakukan saat Nyepi di Bali. (foto: Instagram @meranggicoffee)

BERLIBUR di Bali enggak bakal ada matinya. Banyak hal-hal seru yang bisa kamu lakukan dan eksplorasi di Pulau Dewata. Enggak hanya di hari biasa Bali seru buat dinikmati. Saat Hari Nyepi pun, Pulau Dewata masih seru buat dikunjungi.

Nah, buat kamu yang menghabiskan liburan Nyepi di Bali, berikut hal-hal seru yang bisa kamu lakukan.

1. Nonton Pawai Ogoh-Ogoh

ogoh-ogoh bali
Salah satu ogoh-ogoh di wilayah Ubud. (foto: Instagram @art_taksu)

Sehari jelang Hari Raya Nyepi, warga Hindu di Bali akan melakukan upacara tawur kesanga. Upacara itu bermakna pembersihan diri dan alam untuk menyambut tahun baru Saka.

Selain melakukan ritual pecaruan, umat Hindu akan menggelar pawai ogoh-ogoh di jalanan kota. Sejumlah perempatan jalan akan ramai dan riuh dengan berbagai penampilan patung-patung besar berwujud bhuta kala, makhluk mistis, hingga binatang.

Baca juga Ogoh-ogoh Keren di Bali

Setiap banjar akan mengarak ogoh-ogoh karya pemuda mereka. Bentuknya megah, unik, dan kreatif. Pawai akan makin seru karena ogoh-ogoh bakal diiringi tetabuhan baleganjur dan pawai obor. Beberapa banjar bahkan sampai menampilkan sendratari untuk mengiringi ogoh-ogoh mereka.

Beberapa daerah di Bali yang punya pawai ogoh-ogoh yang seru, yakni Denpasar, Kuta, dan Ubud.

2. Menikmati Fasilitas Hotel Sepuasnya

hotel di bali
Nyaman banget bersantai menikmati fasilitas hotel. Seharian lo. (foto: Instagram @foxharrishotel)


Di Hari Raya Nyepi, semua orang dilarang keluar rumah selama 24 jam. Aktivitas pun berhenti total. Meskipun demikian, kamu yang menginap di hotel masih bisa kok beraktivitas di dalam hotel.

Ini lah saat terbaik untuk menikmati kolam hotel sepuasnya. Kamu bisa berenang seharian dan menikmati matahari. Beberapa hotel bahkan menyediakan acara khusus di pinggir kolam, seperti barbekyu misalnya.

Pilihan lain, kamu bisa bersantai di spa hotel, berjalan-jalan keliling taman hotel, hingga menghabiskan waktu di gym hotel.

3. Menikmati Langit Cerah Berbintang

langit bali saat Nyepi
Saat malam Nyepi, langit Bali akan bertabur bintang. (foto: Instagram @infogianyar)


Saat malam Nyepi, langit Bali akan sama sekali bersih dari polusi. Hal itu disebabkan tidak adanya aktivitas kendaraan selama sehari penuh.

Saat cuaca cerah, langit malam Bali akan bertabur bintang. Kerlap-kerlip bintang itu akan semakin terang di puncak malam Nyepi.

Kamu bisa menikmati langit malam Bali di kala Nyepi di balkon kamar hotel. kalau berdua pasangan, pasti romantis maksimal deh.

4. Menonton Tradisi Omed-Omedan

omed-omedan
Caption

Sehari setelah Nyepi, ada tradisi unik omed-omedan yang sayang untuk dilewatkan. Pastikan kamu datang pagi-pagi banget ke Banjar Kaja, Desa Sesetan, Denpasar, untuk mencari spot terbaik menonton tradisi ini.

Tradisi omed-omedan diikuti laki-laki dan perempuan desa berusia 17 sampai 30 tahun. Saat tradisi dilakukan, mereka akan dibagi menjadi dua kelompok.

Orang paling depan (yang diarak) akan tarik-menarik tangan sambil disiram air. Walaupun terkesan vulgar, tradisi ini mempunyai tujuan yang positif, semisal memperkuat rasa asah, asih, dan asuh antarwarga di Bali.

Belakangan, tradisi ini bahkan diramaikan dengan festival dan bazar kuliner yang seru. Pantang deh buat dilewatkan.

Seru banget kan?(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH