Enggak Ada Mic di Meja Dewan, PSI: Apakah Ini Settingan? Ilustrasi rapat paripurna DPRD DKI Jakarta (MP/Asropih)

Meraputih.com - Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta mempertanyakan kenapa agenda rapat paripurna laporan Badan Anggaran DPRD DKI Hasil Pembahasan Terhadap Perda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Anggaran 2019, tak di fasilitasi mic meja wireless (mikrophone).

Hari ini sungguh sangat tidak wajar dari rapat-rapat sebelumnya, pasalnya sebanyak 101 anggota DPRD tak difasilitasi mikrophone. Biasanya saat rapat ada sebuah mic meja wireles yang berada di meja dewan.

Baca Juga:

DPRD DKI Sayangkan SKPD Tunda Pembangunan Jakarta karena Alasan COVID-19

Tapi hanya pimpinan DPRD DKI, Gubernur DKI, Anies Baswedan dan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang memiliki mic meja wireless.

"Mikrophone-nya nggak ada. Baru kali ini saya lihat rapat paripurna, anggota dewan tidak diberikan mikrophone, dicabutin dari mejanya, satu per satu dipretelin. Saya nggak ngerti apakah ini settingan atau apa?," Ujar Sekretaris PSI, Anthony Winza Probowo di DPRD DKI, Senin (7/9).

Menurutnya, dalam sebuah rapat lembaga pemerintah tidak diperbolehkan diskriminasi. Hanya pimpinan dan eksekutif yang diizinkan menggunakan mikrophone. Biasanya 106 anggota dewan sama-sama memiliki mic meja wireless.

"Dalam arti, ada yang pakai mikrophone dan ada yang nggak, sama-sama wakil rakyat. Dan kenapa sampai segitunya sih dicabut mikrophonenya? Tolong dijawab gitu," ungkapnya.

Sebanyak 12 orang anggota DPRD DKI Jakarta bolos pada rapat paripurna
Ilustrasi Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta (MP/Asropih)

Ia pun menyayangkan sidang hari ini. Apalagi agenda ini dilaksanakan saat pandemi virus corona. Bila mau pembicaraan di dalam forum rapat sangat tak elok berteriak-teriak. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebarkan virus corona ke orang lain.

"Hanya pimpinan, gubernur dan wagub di atas saja. Biasanya setiap satu meja ada satu. Kita lagi suasana Covid, nggak mungkin saya buka masker teriak-teriak interupsi," tutupnya.

Baca Juga:

Anggota DPRD Gadaikan SK Penetapan ke Bank DKI Untuk Pinjam Uang

Adapun PSI sendiri menjadi salah satu Fraksi yang workout dalam laporan Badan Anggaran DPRD DKI Hasil Pembahasan Terhadap Perda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Anggaran 2019. Fraksi lain yang workout Golkar, NasDem, PAN, PKB-PPP. (Asp)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH