Enam Pengawal Rizieq Tewas, Kapolri Minta Anggota Pakai Rompi Anti Peluru

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 08 Desember 2020
Enam Pengawal Rizieq Tewas, Kapolri Minta Anggota Pakai Rompi Anti Peluru
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis. (ANTARA/ HO-Polri)

Merahputih.com - Kapolri Jenderal Idham Azis memberikan arahan kepada anggota Polri untuk meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan.

Arahan itu diberikan usai insiden bentrok antara polisi dan pengikut Rizieq Shihab yang terjadi di Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Baca Juga

Jokowi Sentil Kapolri dan Mendagri Soal Penegakan Protokol Kesehatan

Arahan itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: STR/873/XII/PAM.3.3/2020. Surat diterbitkan Senin, 7 Desember 2020.

Dalam surat yang beredar di kalangan media tersebut, Jenderal Idham Azis memerintahkan anak buahnya mengenakan helm dan rompi antipeluru saat berjaga.

Selain itu, Idham meminta agar setiap orang yang hendak masuk ke mako, asrama, dan pos polisi diperiksa dengan metal detector.

"Berikan arahan kepada seluruh anggota jaga agar mengenakan helm, rompi antipeluru, dan bersenjata. Lakukan pemeriksaan terhadap setiap orang yang masuk mako/asrama/pospol, termasuk kendaraan dan barang bawaan, dengan metal detector," tulis Idham.

Berikut 11 poin arahan Kapolri kepada anggota untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan:

1. Tingkatkan PAM Mako, Pospol, asrama dan Rumkit Polri.

2. Agar tingkatkan kesiapsiagaan dan siapkan pasukan anti anarki Brimob yang di wilayahnya terdapat kantong-kantong pendukung dan anggota FPI.

3. Berikan arahan kepada seluruh anggota jaga agar mengenakan helm, rompi anti peluru dan bersenjata.

Kapolri Jenderal Idham Azis (MP/Kanugraha)

4. Lakukan pemeriksaan terhadap setiap orang yang masuk Mako/Asrama/Pospol termasuk kendaraan dan barang bawaan dengan metal detector.

5. Berikan arahan kepada anggota yang melakukan pemeriksaan supaya dilindungi oleh anggota yang bersenjata.

6. Kepada anggota yang bertugas di lapangan agar diingatkan supaya meningkatkan kewaspadaan dan buddy system' baik pada saat patroli maupun di pos-pos polisi.

7. Tingkatkan moril anggota untuk tidak gentar dalam menghadapi para pelaku kejahatan baik yang menggunakan senpi ataupun Sajam.

8. Berikan arahan secara jelas dan tegas kepada seluruh anggota untuk senantiasa meningkatkan keamanan dan keselamatan diri baik pada saat bertugas di Mako maupun tugas di lapangan mendasari.

9. Berikan pemahaman kepada anggota untuk tidak memberikan statmen apapun terkait meninggalnya 6 orang yang diduga pengikut MRS.

Baca Juga

Langkah Kapolri Copot Kapolres hingga Kapolda Dinilai Tepat

10. Pantau perkembangan Sitkamtibmas yang terjadi di Wilka, lakukan pengawasan dan pengendalian secara berjenjang.

11. Tingkatkan koordinasi dengan Timas, Tiga, dan Todat setempat untuk secara aktif meningkatkan Sitkamtibmas. (Knu)

#Kapolri #Idham Azis
Bagikan
Bagikan