Kaleidoskop 2017

Enam Pelatih yang Dipecat di Tahun 2017

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 29 Desember 2017
Enam Pelatih yang Dipecat di Tahun 2017
Vincenzo Montella. Foto: AC Milan

MerahPutih.com - Pelatih merupakan elemen penting dalam sebuah klub dalam mengarungi kompetisi. Sosok yang berada di pinggir lapangan juga menjadi kunci sukses atau tidaknya klub yang ditanganinya.

Tak jarang, pelatih dibebani target yang berat dari manajemen klub. Mereka harus mampu mencapai target tersebut, mereka bakal dipecat oleh si empu.

Berikut enam pelatih top dunia yang harus gigit jari dipecat dari klub di tahun 2017 seperti dikutip Bolaskor.com

1. Claudio Ranieri - Leicester City

Keputusan mengejutkan diambil manajemen Leicester City yang akhirmya memutuskan mendepak Claudio Ranieri pada tanggal 23 Ferbruari 2017. Ironisnya, Leicester memecat Ranieri setelah berhasil mengantarkan klub menjuarai Premier League musim lalu. Trofi juara itu pun menjadi yang perdana bagi Leicester sejak pertama kali berdiri pada 1884 atau 132 tahun silam.

2. Carlo Ancelotti - Bayern Muenchen

Kekalahan Bayern Muenchen 0-3 dari tuan rumah Paris Saint-Germain (PSG) pada matchday kedua penyisihan grup Liga Champions, Rabu (27/9), menjadi akhir kebersamaan Carlo Ancelotti sebagai pelatih utama di klub asal jerman itu. Kontrak Ancelotti sejatinya masih tersedia hingga 2019. Sayang, perfoma menurun Bayern pada awal musim dan puncaknya terjadi saat kekalahan memalukan lawan PSG.

Ancelotti mempersembahkan trofi Bundesliga pada musim perdananya menangani Bayern. Namun FC Hollywood hanya mampu melangkah ke semifinal DFB Pokal dan perempat final Liga Champions musim 2016-2017.

3. Stefano Pioli - Inter Milan

Stefano Pioli harus menerima nasib dipecat dari kursi pelatih Inter Milan. Pada awal kinerja di Giuseppe Meazza, Pioli sempat mencatatkan 12 kemenangan dalam 15 partai Serie A. Akan tetapi, situasi menjadi kiat sulit usai Nerazzurri gagal meraih kemenangan dalam tujuh laga terakhirnya. Akhirnya, buntut dari hasil minor itu pihak klub memutuskan untuk memecat Pioli pada 9 Mei 2017.

4. Frank De Boer - Crystal Palace

Rentetan empat kekalahan yang diraih diraih Crystal Palace pada awal kampanye di Premier League musim 2016-2017, membuat manajamen klub memecat Frank De Boer Pada 11 September 2017.

Dengan demikian, sang manajer asal Belanda ini hanya melatih Crystal Palace selama 55 hari. Ini merupakan salah satu pelatih dengan masa pelatihan tersingkat dalam sejarah Premier League. Bahkan, sebelumnya De Boer juga gagal melatih Inter Milan dengan hanya bertahan selama 85 hari.

5. Ronald Koeman - Everton

Everton akhirnya resmi memecat Ronald Koeman dari pelatih utama klub. Kekalahan 2-5 dari Arsenal pada laga kesembilan lanjutan Premier League menjadi laga terakhir pelatih asal Belanda tersebut yang sudah bertahan selama 16 bulan di klub yang bermarkas di Goodison Park.

The Toffees baru mencatatkan dua kemenangan dari sembilan laga liga domestik di musim ini, membuat mereka terjerembab di zona merah, tepatnya di peringkat 18 papan klasemen.

6. Vincenzo Montella - AC Milan

AC Milan akhirnya memecat Vincenzo Montella pada 27 November 2017. Pihak manajemen klub pun mengumumkan Gennaro Gattuso sebagai pelatih baru. Pemecatan ini menyusul hasil buruk yang dituai Milan di Serie A.

Musim 2017-2018, Il Diavolo mengalami kampanye yang mengecewakan berada di posisi ketujuh klasemen sementara Serie A dengan mengemas 20 poin dari 14 laga. Milan hanya menang enam kali dan dua kali seri, selebihnya mereka kalah.

Padahal di awal musim, Milan sebagai salah satu tim Serie A yang paling jor-joran menghabiskan dana hingga 1 triliun rupiah guna mendatangkan 11 pemain. Akan tetapi, hasil yang didapat jauh dari yang diharapkan sebagai tim besar Eropa.

#AC Milan #Vincenzo Montella #Claudio Ranieri
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan