Enam Daerah di Jatim Diklaim PPKM Level 1

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 14 September 2021
Enam Daerah di Jatim Diklaim PPKM Level 1
Vaksinasi di Jatim. (Foto: Andika)

MerahPutih.com - Semakin berkurangnya angka positif COVID-19 di Jawa Timur, membuat 5 daerah di memperoleh assesmen COVID-19 turun di level-1. Untuk level-2 bertambah menjadi 19 daerah dan level-3 turun menjadi 13 daerah.

"Alhamdulillah hari ini sudah terjadi penambahan kabupaten/kota di Jatim yang masuk pada level 1. Total ada 6 kabupaten/kota yang ada pada level 1. Data ini berasal dari assesmen situasi COVID-19 yang dirilis Kemenkes RI per hari ini," tutur Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Senin (13/9).

Baca Juga:

Nekat Beroperasi hingga Jual Miras saat PPKM, Kafe dan Bar di Cilandak Ditindak

Data tersebut dipublikasikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, diantaranya 5 daerah itu yakni Kabupaten Jember, Pasuruan, Gresik, Sidoarjo, dan Banyuwangi. Minggu lalu, Kabupaten Lamongan menjadi daerah pertama memperoleh asesmen yang turun di level-1. Penurunan asesmen ini dibarengi skema kelonggaran pembatasan sosial di Jatim.

Sementara itu, wilayah yang bertambah masuk ke level-2 diantaranya, Tuban, Sumenep, Situbondo, Sampang, Probolinggo, Pamekasan, Ngawi, Nganjuk, Malang, Madiun, Kota Surabaya, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Kediri, Kota Batu, Kediri, Jombang, Bojonegoro dan Bangkalan.

Level  PPKM di Jatim. (Foto: Instagram Khofifah)
Level PPKM di Jatim. (Foto: Instagram Khofifah)

Lalu untuk penurunan di level-3 antara lain Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Mojokerto, Magetan, Lumajang, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Blitar, Bondowoso, dan Blitar.

Gubernur Khofifah menghimbau, agar masyarakat harus tetap menerapkan prokes guna mengantisipasi penularan Covid-19. Jika semakin bisa ditekan provinsi ini akan lolos dari PPKM.

"Terima kasih atas sinergi, kerja keras, dan kekompakan dari semua pihak yang andil mencegah penyebaran Covid-19 di Jatim. Di dalamnya termasuk Forkopimda Jatim, TNI- POLRI, Pemkab/Pemko, tenaga kesehatan (nakes), tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, media, sektor swasta serta seluruh elemen masyarakat di Jatim tentunya," ujarnya. (Andika Eldon/ Jawa Timur)

Baca Juga:

Abang Nasgor Negeri Aing Goreng Terus Sambil Mematuhi PPKM

#PPKM #COVID-19 #Jawa Timur
Bagikan
Bagikan