Enak dan Kaya Manfaat, Kembang Tahu Jadi Santapan Favorit saat Ramadan Kembang tahu, jajanan favorit ramadan yang kaya akan manfaat(Foto: Ulin Ulin)

MAKANAN dengan tekstur lembut ini sudah sejak lama digemari oleh orang-orang Asia seperti di Tiongkok, Jepang, Thailand, Begitu pun di Indonesia. Selain rasa hangat yang didapatkan dari olahan jahe, ternyata banyak kandungan nutrisi bagus dalam kembang tahu untuk tubuh kamu. Manfaat kesehatan yang dimiliki menu khas Asian ini didapatkan dari kandungan protein, fosfor, zat besi, selenium, hingga banyak kandungan nutrisi penting lainnya.

Baca juga:

Sehat dan Tetap Kenyang, Ini Jus Buah untuk Sahur agar Puasa Kamu Lancar

Agar Kamu tak Timpang Nutrisi, 4 Sumber Makanan ini Wajib ada saat Berpuasa

Segar dan Sehat, Cobain deh 3 Minuman Pelepas Dahaga ini saat Berbuka Puasa

Menjadi favorit banyak orang untuk dinikmati di bulan ramadan, makanan hangat yang terbuat dari olahan kacang kedelai ini ternyata banyak manfaatnya lho! Berikut enam diantaranya:

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Enak dan Kaya Manfaat, Kembang Tahu Jadi Santapan Favorit saat Ramadan
Kembang tahu bisa menurunkan tekanan darah (Foto: Eldia)

Menyantap makanan ini dapat membuatmu menurunkan hipertensi lho! Makanan ini terdapat kandungan letisin yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah.

2. Meredakan Gangguan Diare

Enak dan Kaya Manfaat, Kembang Tahu Jadi Santapan Favorit saat Ramadan
Meredakan diare dengan kembang tahu (Foto: Draxe)

Bagi kamu yang sering diare, kamu harus coba menyantap kembang tahu ini. Karena kandungan letisin ini juga bisa mengurangi gangguan saluran pencernaan. yang pastinya mencegah datangnya diare.

3. Menurunkan Resiko Diabetes

Enak dan Kaya Manfaat, Kembang Tahu Jadi Santapan Favorit saat Ramadan
Orang dengan diabetes tidak perlu takut konsumsi kembang tahu (Foto: DailyPost)

Biasanya orang dengan diabetes harus mengurangi konsumsi makanan manis atau bergula, kembang tahu ini adalah salah satu opsi cemilan buat kamu yang ingin menikmati makan manis (lebih sehat jika dikurangi gulanya) jika kamu mengidap diabetes.

4. Menurunkan Kolestrol

Enak dan Kaya Manfaat, Kembang Tahu Jadi Santapan Favorit saat Ramadan
Kembang tahu dipercaya dapat turunkan kolesterol (Foto: Pexels/rawpixels)

Menyantap kembang tahu juga bisa membuatmu menurunkan kolestrol lho! Riset di Kanada menyatakan bahwa ada penurunan signifikan untuk tingkat kolestrol sebesar 20 persen untuk orang-orang yang mengkonsumsi kembang tahu pada pola makannya selama satu tahun.

5. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Enak dan Kaya Manfaat, Kembang Tahu Jadi Santapan Favorit saat Ramadan
Tak disangka kembang tahu dapat mencegah serangan jantung (Foto: Freepik)

Kembang tahu ternyata mengandung lemak tak jenuh sebesar 80%, Karena kembang tahu memiliki kandungan senyawa phelonik dan asam tak jenuh seperti halnya pada kedelai, hal ini dapat membantu mencegah timbulnya nitrosamin. Dikatakan makanan hangat dan lembut yang satu ini cocok untuk mencegah resiko timbulnya penyakit jantung koroner.

6. Mencegah Kanker Payudara

Enak dan Kaya Manfaat, Kembang Tahu Jadi Santapan Favorit saat Ramadan
Para perempuan, perbanyak konsumsi kembang tahu untuk cegah kanker payudara (Foto: Pixabay/Lazare)

Kembang tahu juga mengandung isoflavon yang biasanya kamu temui di makanan-makanan nabati. isoflavon dimanfaatkan sebagai reseptor estrogen pada sel manusia, termasuk sel-sel pada payudara. Menurut penelitian, kandungan zat tersebut dapat menurunkan resiko kanker payudara. (dnz)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH