Enak Banget, ini 5 Makanan Indonesia yang Mendunia Dengan rempah nikmat, kuliner Indonesia disukai di luar negeri. (foto: MP/Dwi Astarini)

INDONESIA punya kekayaan kuliner yang beragam. Dari yang berkuah berbumbu, hingga makanan sederhana ala rumahan. Kekayaan kuliner itu bisa jadi duta di luar negeri. Beberapa kuliner khas Indonesia bahkan sudah jadi favorit di mancanegara.

Ini 5 makanan khas Nusantara yang sudah sukses mendunia.

BACA JUGA:

Bawa Bekal ala Oriental nan Praktis

1.Gado-gado

gado-gado
Gado-gado makanan khas Jawa dengan rasa yang nikmat. (Foto: pixels/Indina risk)


Gado-gado merupakan salah satu makanan khas Jawa. Oleh orang luar negeri, makanan ini lebih sebagai salad ala Indonesia. Saking ngetopnya gado-gado, chef ternama Jamie Oliver pernah membuat makanan ini dalam salah satu acara yang ia bawakan. Sajian berbumbu kacang ini bahkan pernah diikutsertakan dalam kompetisi di Italia. Hasilnya, gado-gado meraih juara pertama.

2.Nasi Goreng

nasi goreng
Nasi goreng makanan yang banyak digemari banyak orang. (foto: pixels/Bishop tamrakar)

Nasi Goreng merupakan menu makanan yang bukan hanya berasal dari Indonesia, negara lain seperti Singapura, Tiongkok, dan Jepang, juga punya menu serupa. Hal yang membedakan nasi goreng Indonesia ialah bumbu yang sederhana bawang putih, merica, dan daun bawang khas lokal. Bumbu-bumbu itumembuat masakan ini terasa nikmat. Nasi goreng Indonesia juga termasuk makanan yang banyak mengikuti festival kuliner luar negri.

3.Sate

sate
Sate nikmat dengan bumbu kacang dan kecap. (foto: felicia-buitenwerf-unsplash)

Sate ayam khas Madura berbentuk daging ayam yang ditusuk lalu dibakar dengan bara api. Wangi asap membuat masakan ini nikmat. Pilihan bumbu kacang atau bumbu kecap melengkapi sajian sate. Sate banyak digemari orang luar karena masakan ini seperti menu masakan rumahan dengan konsep sederhana yang biasa semua orang buat.

4.Rendang

rendang
Rendang khas Sumatre Barat nikmat dengan berbagai rempah. (foto: Sharonang/Pixbay)


Rendang khas Indonesia terkenal berasal dari Sumatra Barat. Rendang dibuat dari bumbu rempah-rempah asli Indonesia. Meskipun rendang sedikit pedas berbumbu, banyak warga dunia mengakui kenikmatan rendang. Chef internasional Gordon Ramsay pada acara Uncharted yang ia bawakan bahkan memuji rendang sebagai makanan yang nikmat.


5.Soto Ayam

soto ayam
Ada berbagai jenis soto di Indonesia. (foto: Quang Anh/Pexels)


Tak akan ada yang menolak hangatnya semangkuk soto ayam. Sup ayam yang berwarna kuning ini ada di berbagai daerah. Menu soto hadir di banyak daerah, semisal Lamongan, Banjar, Medan, Jawa Tengah, Bogor, hingga Madura. Setiap daerah punya cita rasa soto yang berbeda dan unik.(joe)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini