Empat Strategi Wapres Kuatkan Usaha Mikro Kecil Produk Halal

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 09 Juni 2022
Empat Strategi Wapres Kuatkan Usaha Mikro Kecil Produk Halal
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meninjau dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat di kampung batik Cibuluh, Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/6/2022). ANTARA/HO-BPMI Setwapres

MerahPutih.com - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah terus mendorong konsolidasi berbagai program fasilitasi di kementerian dan lembaga untuk memberikan kemudahan dalam hal pengembangan kapasitas, legalitas perizinan, akses pembiayaan, maupun perluasan akses pasar terutama produk halal yang dihasilkan usaha mikro kecil (UMK).

Festival Syawal yang telah digagas sejak 2021 pun, kembali pun, digelar untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan produksi produk halal Indonesia agar berdaya saing global.

Baca Juga:

Wapres Targetkan Keuangan Ekonomi Syariah Indonesia Berbicara di Level Global

Festival Syawal pada 2022 ini, difokuskan pada pelatihan bagi komunitas, penggiat, dan influencer halal demi memberikan pengetahuan tentang persyaratan kehalalan dan juga proses sertifikasi halal kepada UMK yang ada di Indonesia.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin memaparkan, ada empat strategi pemerintah dalam mendorong percepatan pengembangan usaha mikro dan kecil (UMK) produk halal.

Pertama, mendorong segera terbentuk Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) di seluruh provinsi. Saat ini, KDEKS sudah terbentuk di Sumatera Barat dan akan disusul di Riau, Jawa Barat, dan lain-lain.

Langkah kedua, kata Wapres, bisnis proses sertifikasi halal terus disempurnakan, termasuk upaya percepatan pencapaian target fasilitasi 10 juta produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) halal.

Pelaku UMK diharapkan ikut aktif berpartisipasi mendaftarkan produk-produk unggulannya agar segera tersertifikasi halal, sehingga semakin meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk UMK, serta memperkuat jaminan mutu produk, yaitu aman, higienis, dan sesuai dengan syariat.

Wapres menyampaikan apresiasi atas peran aktif LPPOM MUI dalam sertifikasi halal. Langkah nyata kepedulian LPPOM MUI terhadap pengembangan UMK di Indonesia ini perlu terus dijaga, di antaranya melalui sinergi dengan lembaga terkait.

"Sebagai perintis sertifikasi halal dan ikon label halal bagi produk halal Indonesia, LPPOM MUI saya harapkan terus menjaga komitmennya dalam menjalankan fungsi sertifikasi halal yang pertama dan terpercaya," katanya.

Ma'ruf Amin meminta LPPOM-MUI, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), dan berbagai pihak terkait dapat terus bersinergi mendukung program akselerasi sertifikasi halal, khususnya bagi pelaku UMK.

Langkah yang ketiga, menurut Wapres, berupa pembentukan dan optimalisasi kawasan industri halal (KIH) sebagai strategi penguatan rantai nilai halal.

Serta langkah keempat, yaitu dengan terus mengakselerasi ekosistem industri halal dalam negeri, yang diharapkan memperkuat kapasitas dan kualitas industri produk halal.

"Dengan menguatnya implementasi strategi-strategi tersebut maka akan semakin banyak produk UMK halal nasional yang mampu menembus pasar ekspor," katanya. (Knu)

Baca Juga:

Wapres Ma'ruf Amin Minta Keteladanan Buya Syafii Maarif Diteruskan

#Halal #Produk Halal #Wapres Ma'ruf Amin
Bagikan
Bagikan