Empat Pabrik Tekstil Ditutup karena Buang Limbah ke Citarum, Ini Nih Nama-namanya

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 01 Februari 2018
Empat Pabrik Tekstil Ditutup karena Buang Limbah ke Citarum, Ini Nih Nama-namanya
Polda Jawa Barat saat konferensi pers penutupan pabrik pembuang limbah di Sungai Citarum. (MP/Yugi Prasetyo)

MerahPutih.com - Polda Jawa Barat terus melakukan penindakan terhadap pabrik yang membuang limbah sembarangan ke Sungai Citarum.

Kali ini, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jabar menutup empat perusahaan tekstil lantaran diduga membuang limbah cair dengan kandungan kimia melebihi ambang batas.

Kapolda Jabar Irjen (Pol) Agung Budi Maryoto mengatakan keempat perusahaan yang melakukan pencemaran lingkungan, di antara PT Gede Indah yang berada di Kota Cimahi, PT Sinar Sukses Mandiri di Kabupaten Purwakarta, PT Selaras Idola Abadi di Kabupaten Bandung, dan PT Surya Tekstil di Karawang.

"Modusnya membuang langsung (limbah pabrik), ada yang menggunakan ipal tapi ada juga yang langsung dibuang," ujar Kapolda didampingi Dirkrimsus Polda Jabar Kombes (Pol) Samudi, di Mapolda Jabar, Bandung, Kamis (1/2).

Keempat perusahaan tersebut terbukti membuang limbah yang menyebabkan pencemaran lingkungan dan sudah berjalan lima tahun. "Pemeriksaan awal sudah 5 tahun dan setiap hari ada pembuangan limbah yang langsung," ujarnya.

Namun meski sudah dilakukan penutupan dan tidak boleh beroperasinya keempat pabrik tersebut, Agung menyebut belum menetapkan tersangka terkait pencemaran lingkungan yang di lakukan empat perusahaan tersebut.

"Kita belum tetapkan tersangka, pemilik masih terlapor. Kita periksa hasil labnya dulu. Jika terbukti, kita langsung lakukan penyidikan," tegas Agung.

Penindakan terus itu seiring dengan keinginan Presiden Jokowi yang ingin menciptakan Sungai Citarum bersih. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Yugi Prasetyo, kontributor merahputih.com untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya seputar Bandung dalam artikel: Kodam Siliwangi Operasikan Dua Perahu Khusus di Sungai Citarum

#Sungai Citarum #Polda Jawa Barat
Bagikan
Ditulis Oleh

Yugi Prasetyo

Bagikan