Empat Orang yang Diduga Kontak dengan Pasien Positif Corona Diobservasi

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 06 Maret 2020
Empat Orang yang Diduga Kontak dengan Pasien Positif Corona Diobservasi
Juru bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto di kantor presiden, Jumat (6/3). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Merahputih.com - Kementerian Kesehatan menyatakan empat orang tengah dipantau karena diduga positif terinfeksi virus corona. Keempatnya disinyalir pernah melakukan kontak langsung dengan salah satu pasien positif corona yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

"Jadi yang kontak dekat sudah observasi di rumah sakit," ujar juru bicara pemerintah khusus corona, Achmad Yurianto kepada wartawan di Jakarta, Jumat (6/3).

Baca Juga

Khawatir Corona, Keuskupan Agung Semarang Ubah Tata Cara Prosesi Ekaristi

Mereka diduga pernah bertemu dengan penderita corona yang tertular setelah berdansa dengan penderita asal Jepang.

"Karena kita yakini dia pernah kontak dekat dengan kasus 1 dan 2 (positif corona). Apalagi dari empat orang ini ada tanda-tanda influenza sedang," jelas dia.

Juru bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto di kantor presiden, Jumat (6/3). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Saat ini keempat orang tersebut tengah berada di ruang isolasi Rumah Sakit Persahabatan. Kepastian apakah mereka positif terinfeksi corona baru akan terlihat sore ini.

"Sementara 4 orang yang kontak dekat dan saat ini kami isolasi kondisinya stabil, beberapa masih ada yang batuk dan pilek ada juga yang suhu tubuhnya di atas 37 tepatnya 37,6 artinya masih demam," kata Yurianto.

Sementara, Achmad menyatakan satu WNI yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess saat ini tengah diisolasi di RSUP Persahabatan, Jakarta.

Baca Juga

Jusuf Kalla Imbau Pengurus Masjid Jaga Kebersihan Cegah Penyebaran Virus Corona

Menurutnya, satu ABK itu diisolasi karena diduga suspect corona. ABK itu juga sempat mengeluhkan batuk saat perjalanan di KRI Soeharso menuju Pulau Sebaru untuk mengikuti kegiatan obsevasi.

"Jadi dari jumlah 69 dijemput sekarang sudah berada di Sebaru. Hanya satu dipisahkan, meski kondisi fisiknya baik, kami curiga suspect tertular covid-19," tutup dia. (Knu)

#Virus Corona #Pasien Corona #Penyakit Corona
Bagikan
Bagikan