Empat Objek Wisata di Kota Jogja Sudah Beroperasi Kembali, Ini Daftarnya Keraton Yogyakarta (Foto: Instagram/kratonjogja)

KETUA Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mewajibkan seluruh pengelola wisata mengatur alur keluar dan masuk pengunjung, serta membatasi jumlah pengunjung hanya sekitar 70 persen dari kapasitas maksimal.

"Juga wajib menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, mencuci tangan, jaga jarak dan pengecekan suhu tubuh dengan Thermo gun," tegas Heroe dalam keterangan pers di Yogyakarta, Sabtu (11/07).

Baca juga:

Terdampak Pandemi, Perajin Batik Yogyakarta Stop Produksi

Pengelola juga wajib membentuk Satuan Tugas COVID-19 untuk mengawasi pelaksanaan mengantisipasi potensi munculnya kasus penularan virus corona dari tempat wisata.

Sejumlah objek wisata yang sudah dibuka untuk umum ialah:


1. Tamansari

yogya
Tamansari mulai dibuka terbatas untuk wisata. (Foto: Pixabay/masbet)

Tamansari adalah bekas tempat pemandian putri raja yang berlokasi dekat dengan Keraton Yogyakarta. Tamansari mulai dibuka terbatas untuk wisata pada Rabu 8 Juli 2020.

Wisatawan yang datang wajib untuk memberikan data dengan melakukan pemindaian QR Code. Selain itu, pengunjung juga harus menjalani pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun dan menunggu di tempat tunggu sebelum diizinkan masuk ke Tamansari.

2. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta (Foto: Instagram/kratonjogja)
Keraton Yogyakarta (Foto: Instagram/kratonjogja)

Tempat tinggal Raja Yogyakarta Sri Sultan dan anak-anaknya ini dibuka untuk umum mulai Rabu 8 Juli 2020. Tapi, jumlah pengunjungnya masih dibatasi. Jam operasional Keraton di area Sitihinggil dan Pagelaran adalah Senin- Kamis pukul 08.30-13.00 WIB.

Baca juga:

Imbas Corona, Sektor Pariwisata DIY Rugi Rp80 Miliar

Jumat 08.30-11.00 WIB. Seluruh petugas di dalam Keraton Yogyakarta menggunakan facial dan masker. Pengunjung yang datang pun juga diwajibkan menggunakan masker, di cek suhu tubuh serta mencuci tangan sebelum masuk ke dalam Keraton Yogyakarta.


3. Museum Kereta Kencana Yogyakarta

Museum Kereta Kencana (Foto: Instagram/kratonjogja)
Museum Kereta Kencana (Foto: Instagram/kratonjogja)

Museum ini terletak sekitar 100 meter dari Keraton Yogyakarta. di dalamnya berisi koleksi kereta kencana raja raja Yogyakarta sejak zaman Hamengku Buwono 1. Sama seperti keraton Yogyakarta, pengunjung yang datang pun juga diwajibkan menggunakan masker, di cek suhu tubuh serta mencuci tangan sebelum masuk. Pengunjung rombongan dibatasi maksimal 10 orang. Mereka akan ditemanin oleh seorang pemandu.


4. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar (Foto: Instagram/erlandopradipta)
Taman Pintar (Foto: Instagram/erlandopradipta)

Taman pintar adalah tempat rekreasi sekaligus edukasi anak-anak yang terletak disebelah Benteng Vredeburg atau tepatnya di Titik Nol KM.

Taman ini mulai dibuka terbatas tanggal 8 Juli. Jam operational buka hanya pada Rabu-Minggu pukul 08.00-15.00 WIB setiap pekannya. Sedangkan, setiap Senin-Selasa dilakukan pembersihan dan disinfeksi seluruh gedung. Adapun untuk alat-alat peraga di Taman Pintar dilakukan pembersihan setiap jam setiap harinya. (Teresa Ika/DI. Yogyakarta)

Baca juga:

Pengunjung Pantai Parangtritis Wajib Pakai Masker

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH