Empat Manfaat Wisata Religi Masjid Raya Baiturrahman (Foto: Instagram @ayub_aspia)

WISATA religi menjadi salah satu jenis wisata yang cukup digemari. Berbeda dengan jenis wisata lainnya, selain mengagumi keindahan bangunan atau sejarah tempat yang dituju, kamu bisa mendapat ketenangan jiwa dari sisi religus.

Tapi bukan hanya itu saja lho, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan saat kamu mengunjungi tempat yang dianggap sebagai wisata religi. Apa saja itu?

Menghilangkan stres

Masjid Demak (Instagram/oizt_javara)
Masjid Demak (Foto: Instagram @oizt_javara)

Rutinitas sehari-hari seperti kuliah atau bekerja tentu membuat kamu stres. Belum lagi saat kamu tinggal di kota besar yang penuh kemacetan. Guna menghilangkan stres wisata religi bisa menjadi alternatifnya.

Biasanya tempat wisata religi memiliki keindahan yang mengagumkan. Hal ini tentunya dapat membuat beban di pikiran kamu menjadi hilang. Selain itu unsur religiusnya juga membuat jiwa lebih tenang yang secara langsung dapat menghilangkan stres.

Penawar dahaga spiritual

Ilustrasi (Instagram/muhammadenggar)
Wisata sambil membasuh jiwa. (Instagram @muhammadenggar)

Jika wisata lain hanya mendapatkan kepuasan sementara, berbeda dengan wisata religi. Dahaga spiritual yang kamu miliki dapat segera tersegarkan. Kamu bisa mengunjungi salah satu objek wisata religi sesuai kecenderungan jiwa dan apa yang paling kamu butuhkan.

Jika kamu umat muslim tentu tak akan sulit menemukan objek wisata religi. Ada banyak tempat seperti makam wali, masjid, museum hingga situs sejarah yang menggambarkan keindahan Islam.

Wawasan bertambah

Masjid Menara Kudus (Instagram/yeniafianti)
Masjid Menara Kudus (Foto: Instagram @yeniafianti)

Selain mendapat ketenangan jiwa dan penawar dahaga spriritual wisata religi dapat menambah wawasan kamu. Contohnya saja jika kamu datang ke Masjid Sunan Ampel, kamu dapat belajar sejarah mengenai penyebaran Islam di pulau Jawa terutama Jawa Timur.

Hal tersebut memang tidak aneh, karena biasanya wisata religi merupakan tempat yang mengandung sejarah, tanpa terkecuali makam-makam para wali. Selain itu, beberapa bangunan di tempat wisata ini memiliki desain unik sehingga kamu juga bisa menambah wawasan arsitektur.

Mendekatkan diri ke Sang Pencipta

Ilustrasi (Instagram/dz_akhyar)
Selalu mengingat kebesaranNya (Foto: Instagram @dz_akhyar)

Ini yang paling utama, ketika berkunjung ke tempat wisata religi tentunya hal tersebut membuat kamu semakin mendekatkan diri ke Sang Pencipta. Karena selain mengagumi keindahan tempat yang dituju kamu dapat melakukan aktivitas ibadah seperti mengaji atau salat.

Kamu bisa berkunjung ke masjid-masjid bersejarah. Jika berkunjung ke makam para tokoh agama hal itu tentu juga dapat mengingatkan kamu akan kematian dan akhirat.

Sahabat Merah Putih, itulah empat keuntungan yang bisa didapat ketika kamu melakukan wisata religi. Nah mumpung di bulan Ramadan coba perbanyak kunjungi wisata religi. (yani)

Selain artikel ini kamu juga bisa baca Empat Fakta Menarik tentang Masjid Agung Demak

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH