Empat Lokasi Oke Nobar Gerhana Bulan Super di Jogja Super Moon (Foto: Daily Mirror)

LANGIT malam di Yogyakarta akan dihiasi super moon dan gerhana bulan total pada Rabu 31 Januari 2018. Sejumlah komunitas pecinta astronomi akan menggelar nonton bersama fenomena langka ini. Mereka turut mengajak serta masyarakat menyaksikan fenomena indah ini.

Berikut empat lokasi oke pengamatan gerhana bulan total. Lokasi pertama adalah Alun- alun Selatan (Alkid) Keraton Yogyakarta. Nobar di Alkid akan diselenggarakan oleh Komunitas Penjelajah Langit (KPL).

Humas Komunitas Penjelajah Langit (KPL), Nazir mengatakan nobar akan dimulai sekitar pukul 18.00 Wib. Lapangan Alkid adalah tempat yang pas untuk melihat super moon dengan sempurna.

"Di sana kan tidak tertutup oleh gedung dan bangunan tinggi. Jadi gerhana dan super moon akan terlihat jelas," kata Nazir melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Selasa (30/01/2018).

KPL menyiapkan dua buah teleskop dan dua binokule untuk melihat bulan lebih dekat. Warga bisa secara bergantian menyaksikan fenomena alam ini lewat teleskop. "Bisa juga disaksikan dengan mata telanjang. enggak berbahaya kok," kata Nazir.

Foto poster nobar Gerhana Bulan di Yogyakarta

Bagi masyarakat yang tidak sempat datang, KPL menyiapkan satu teropong yang akan tersambung dengan kamera ke Youtube. Warga bisa melihat streaming di Youtube.

Lokasi oke kedua adalah Alun-alun Utara (Altar), Kegiatan Nobar di Altar akan digelar oleh Komunitas Jogja Astro Club (JAC). Mereka juga mengadakan nobar di markas JAC di jalan Gejayan Sleman. Lokasi keempat pelaksanaan nobar adalah di Dusun Ngeloro Saptosari Gunung Kidul DIY.

Gerhana bulan total mulai bisa diamati sejak pukul 17.50 Wib hingga pukul 23.10 Wib. Durasi total untuk bisa melihat gerhana bulan total adalah 1 jam 16 menit.

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor Merahputih.com, untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH