Kecantikan

Empat Langkah Mudah Mengubah Kulit Kusam jadi Bersinar

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Kamis, 17 Februari 2022
Empat Langkah Mudah Mengubah Kulit Kusam jadi Bersinar
Selalu perhatikan produk perawatan kulit wajah untuk hasil maksimal. (Foto: Pixabay/nastya_gepp_ )

SETIAP perempuan tentunya ingin tampil memesona dengan kulit yang sehat dan besinar. Sayang tidak sedikit yang kemudian mengalami masalah kulit kusam, yang biasanya tidak terlihat sehat dan terdapat flek hitam.

Penyebabnya bisa beragam, seperti kulit wajah yang kering, kurang vitamin C, terpapar sinar UV tanpa perlindungan, hingga kurangnya eksfoliasi.

Baca Juga:

Tren Perawatan K-Beauty di 2022

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan kulit menjadi kusam (Foto: Pixabay/silviarita)

Salah satu penyebabnya adalah faktor internal seperti pola makan yang tidak sehat, kurang minum air putih, dan kurang tidur. Karena itu, dibutuhkan perawatan khusus agar kulit yang kusam bisa menjadi cerah kembali. Seperti yang dikutip dari laman Antara, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan untuk perawatan kulit.

Pertama yakni rutin bersihkan kulit wajah. Karena, kulit wajah yang bersih akan membantu kandungan yang ada di dalam produk skincare bisa terserap secara optimal. Kamu bisa melakukannya dua kali sehari, yakni sebelum dan sesudah beraktivitas.

Produk yang digunakan harus memiliki kualitas yang baik dan kandungannya ramah pada kulit wajah. Sebaiknya pilih sabun cuci muka yang memiliki tekstur ringan, tak merusak skin barrier, aman dan nyaman untuk kulit, dan teruji secara klinis.

Sedikit informasi, skin barrier merupakan bagian terluar dari kulit, yang memberikan proteksi menyeluruh hingga ke lapisan dalam. Lapisan tersebut berfungsi menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap. Kerusakan pada skin barrier bisa menyebabkan wajah kamu menjadi kering. Inim kemudian yang bisa memicu penuaan dini dan kulit wajah menjadi kusam.

Karena itu, merawat skin barrier sangat penting, agar fungsinya berjalan dengan baik, dan kulit pun bisa menyerap manfaat produk yang kita gunakan dan pada akhirnya akan mencerahkan kulit wajah.

Kemudian dalam merawat wajah produk yang digunakan mengandung vitamin C. Kandungan vitamin ini memiliki khasiat untuk merawat kulit wajah. Vitamin C termasuk antioksidan yang bisa digunakan secara langsung pada kulit wajah, untuk merawat serta mengatasi masalah kulit, akibat tepapar sinar matahari.

Baca Juga:

Tips Berbisnis Produk Kecantikan dengan Menjadi Reseller

Pakai tabir surya sebanyak dua ruas jari, kemudian oleskan kembali setiap dua jam (Foto: Pixabay/chezbeate)

Itu karena antioksidan dalam vitamin C dapat melawan radikal bebas, yang merupakan salah satu penyebab kerusakan kulit. Kulit akan menjadi lebih cerah dan bersinar.

Kamu juga harus disiplin memakai tabir surya. Tabir surya merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib digunakan sehari-hari. Hal itu lantaran memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit dalam jangka panjang. Tabir surya bisa melindungi kulitmu dari bahaya sinar ultra violet. Juga kulit terhindar dari flek hitam yang bisa membuat kusam. Penting untuk memakai tabir surya secara tepat, agar manfaatnya bisa maksimal.

Cara menggunakannya, pakai tabir surya sebanyak dua ruas jari, kemudian oleskan kembali setiap dua jam. Sebaiknya lebih sering saat kamu berenang dan berkeringat banyak.

Jangan lupa pula rutin melakukan eksfoliasi wajah. Sel kuli mati yang menumpuk, salah satu penyebab wajah menjadi kusam. Karena itu, penting untuk melakukan eksfoliasi secara rutin sebanyak dua kali seminggu. Namun, perlu diingat, bahwa frekuensi eksfoliasi harus sesuai dengan kondisi kulit masing-masing.

Bila kamu memiliki kulit yang sensitif, eksfoliasi bisa dilakukan kurang dari dua kali seminggu. Dengan melakukan eksfoliasi, sel kulit mati serta komedo yang tak terangkat saat mencuci muka bisa bersih. (Ryn)

Baca Juga:

Palembang Punya Klinik Kecantikan Baru dengan Treatment Picosure Laser

#Kecantikan #Kesehatan #Perawatan Kulit
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan