Empat Kebiasaan Buruk Saat Lebaran Ini Sebabkan Sembelit Kebiasaan buruk saat lebaran bisa menyebabkan sembelit. (Sumber: Harvard University)

LEBARAN selalu diidentikan sebagai suka cita. Di momen tersebut kita berkumpul dengan keluarga besar saling bermaaf-maafan. Tak hanya itu, kita juga bebas melahap apapun setelah sebulan sebelumnya tidak diperkenankan makan dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Meskipun aturan agama tak lagi melarang kita makan bukan berarti kita bisa makan seenaknya. Pola makan yang buruk saat lebaran bahkan bisa menyebabkan kita sembelit. Berikut kebiasaan buruk saat lebaran yang dapat menimbulkan sembelit:

1. Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Fermentasi Berlebihan

Penyebab Sembelit
Contoh makanan yang mengandung fermentasi (Sumber: Chowhound)

Makanan fermentasi bermanfaat bagi kesehatan. Namun, seorang ahli gizi terkemuka di dunia, Lisa Richard mengatakan bahwa makanan fermentasi dapat menyebabkan sembelit jangka pendek. Di jangka panjang, bakteri menguntungkan yang terkandung didalamnya akan membantu meningkatkan pencernaan dan kekebalan tubuh. Namun di jangka pendek, memperkenalkan bakteri probiotik dalam jumlah besar dapat menyebabkan konstipasi," urainya.

2. Melewatkan Olahraga

Lari
Tidak olahraga saat lebaran (Sumber: Pixabay/StockSnap)

Bagi para penganut gaya hidup sehat, momen lebaran dijadikan ajang cheat time oleh mereka. Tak hanya beristirahat dari rutinitas olahraga, lebaran juga menjadi saat untuk memuaskan napsu makan. Namun perlu diingat bahwa melewatkan olahraga setelah makan makanan lebaran dapat menyebabkan sembelit. Pakar Kesehatan dan Fitness, Christina Friedman menuturkan bahwa olahraga membantu gerakan usus agar tetap teratur. Tidak bergerak dapat mencegah makanan masuk melalui usus dan berakibat pada sembelit. "Itu adalah salah satu alasan mengapa orang dianjurkan untuk berjalan-jalan setelah makan besar," tuturnya.

3. Makan Terburu-Buru

Sembelit
Makan terburu-buru (Sumber: Daily Squat)

Hidangan lezat saat lebaran seringkali membuat kita kalap. Kekalapan tersebut membuat kita menyantap makanan dengan terburu-buru. Berhati-hatilah! Makan dengan terburu-buru dapat menyebabkan sembelit. Ketika kita mengonsumsi makanan terlalu cepat, tubuh belum siap. Tubuh mungkin akan beradaptasi namun proses bekerjanya tidak 100 persen. Potongan makanan yang lebih besar tidak akan hancur dan tidak terserap ke usus besar. Akibatnya, kamu pun mengalami sembelit.

4. Menahan Buang Air Saat di Kendaraan

Lebaran sembelit
Menahan buang air di kendaraan (Sumber: Smarter Travel)

Bagi para perantau, lebaran merupakan waktu yang tepat untuk mudik ke kampung halaman. Perjalanan ke kampung halaman pun bisa memakan waktu yang cukup lama. Kamu pun akan berdiam diri di dalam kendaraan dan cenderung menahan keinginan untuk buang air kecil atau buang air besar. Kamu berpikir bahwa akan lebih nyaman jika buang air di tempat tujuan. Itu adalah pola pikir yang salah. Menahan buang air saat di kendaraan membuat usus meregang. Itu membuat makanan yang dikonsumsi tidak terdorong teratur untuk buang air besar. "Pada akhirnya, ini menyebabkan sembelit," jelas terapis fisikal, Katy Rush.

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH