Film
Empat Hari RIlis, ‘Shang-Chi’ Tembus Rp 1,3 Triliun Shang-Chi berada di jalur tepat untuk menjadi salah satu film terlaris 2021. (nme.com)

FILM terbaru Marvel Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings menutup akhir pekan di box office dengan meraup USD 94,4 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun. Aksi petualangan superhero yang dibintangi aktor Kanada Simu Liu ini meraup keuntungan lebih besar daripada yang diharapkan dalam empat hari pertama rilis.

Disney, Minggu (6/9), telah memproyeksikan bahwa Shang-Chi akan mengumpulkan keuntungan USD 94,4 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun dari 4.300 bioskop. Namun, film tersebut menjual lebih banyak tiket daripada yang diantisipasi pada Senin (7/9). Itu meningkatkan penghitungan keseluruhannya menjadi hanya kurang sedikit dari angka USD 100 juta.

Dalam masa normal sebelum pandemi, raihan itu tidak akan menjadi prestasi besar untuk sebuah film Marvel Cinematic Universe yang dicintai secara komersial. Namun selama pandemi, film ini berada di jalur tepat untuk menjadi salah satu film terlaris 2021.

BACA JUGA:

Shang-Chi Akan Rilis Lebih Cepat di Disney Plus Tanpa Biaya Tambahan

Terlepas dari kekhawatiran bahwa varian delta akan membuat penonton tetap di rumah, Shang-Chi mencatat akhir pekan pembukaan terbesar kedua selama pandemi, yaitu total tiga hari keuntungan sebesar USD 75,5 juta atau Rp 1,077 triliun. Angka itu hanya sedikit di belakang Black Widow yang menghasilkan USD 80 juta atau Rp 1,14 triliun.

shang-chi
Simu Liu dan aktor cilik Jayden Zhang dalam peluncuran film mereka 'Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings'. (latesthunts.com)

Secara mengesankan, film ini berada di depan sekuel Fast & Furious dari Universal F9 (USD 70 juta atau Rp 999 miliar) dan A Quiet Place Part II dari Paramount (USD 48 juta atau Rp 685 miliar). Keduanya dibuka lebih awal di musim panas, saat COVID-19 terlihat seperti akhirnya bisa mereda.

Di box office internasional, Shang-Chi mengumpulkan USD 56,2 juta atau Rp 802 miliar di pasar-pasar utama, seperti Prancis, Italia, Spanyol, Inggris, dan Jepang. Film ini tidak memiliki tanggal rilis di Tiongkok, yang merupakan wilayah penting bagi film Marvel. Secara global, Shang-Chi telah menghasilkan USD 146,2 juta atau sekitar Rp 2 triliun sejauh ini.

Tidak seperti Black Widow, yang memulai debutnya secara bersamaan di Disney Plus, Shang-Chi hanya diputar di bioskop selama 45 hari pertama perilisannya sebelum masuk ke platform streaming. CEO Disney Bob Chapek menyebut rilis teater eksklusif ini sebagai 'eksperimen menarik' dan mengindikasikan penjualan tiket akan memengaruhi rencana untuk rilis film mendatang, seperti Eternals yang dijadwalkan pada 5 November.

BACA JUGA:

Sebelum Nonton 'Shang-Chi', Saksikan Dulu Film Marvel Ini

Disutradarai oleh Destin Daniel Cretton, Shang-Chi terjadi setelah peristiwa Avengers: Endgame dan berpusat pada seorang seniman bela diri terampil yang dipaksa untuk menghadapi masa lalunya ketika ia menjadi sasaran organisasi rahasia Ten Rings.

shang-chi
Film pertama Marvel dengan tokoh Asia dengan sutradara Asia dan pemeran yang didominasi Asia. (latesthunts.com)

Dalam momen penting untuk representasi, ini menjadi film pertama di Marvel Cinematic Universe, waralaba film terbesar, yang menampilkan bintang Asia dan pemeran yang didominasi Asia. Penonton dan kritikus terkesan dengan film ini dan memberikan 92 persen di Rotten Tomatoes dan CinemaScore memberi 'A' dari penonton. (aru)

BACA JUGA:

Tiga Film Marvel Ini Ada Kaitannya dengan 'Shang-Chi'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
3 Film Korea yang Mengandung Pelajaran Hidup Berharga
ShowBiz
3 Film Korea yang Mengandung Pelajaran Hidup Berharga

Mana yang belum pernah kamu saksikan?

Apakah Produk Skin Care Harus Disimpan di Kulkas?
Fun
Apakah Produk Skin Care Harus Disimpan di Kulkas?

Mereka yang menyimpan skin care dan make up di kulkas mengklaim bahwa hal itu dapat menjaga kualitas produk kecantikan

Kulit Cantik dengan Air Mawar
Fun
Kulit Cantik dengan Air Mawar

Cocok untuk kulit sensitif

'Titik Dewasa', Single Perkenalan dari Angie Zelena
ShowBiz
12.12 Jangan Kalap Belanja karena Harga Rendah
Fun
12.12 Jangan Kalap Belanja karena Harga Rendah

Jangan kalap belanja karena harga murah ya.

Alasan Pandemi Menjadi Waktu yang Tepat untuk Pasang Behel
Fun
Alasan Pandemi Menjadi Waktu yang Tepat untuk Pasang Behel

dokter gigi sebut pasang behel di masa pandemi mengalami peningkatan

Phil Collins Pensiun Sebagai Drummer dari Tur Genesis 2021
ShowBiz
MiTail, Ekor Pintar yang Bisa Digerakkan Lewat Ponsel
Fun
MiTail, Ekor Pintar yang Bisa Digerakkan Lewat Ponsel

Ekor pintar ini digunakan manusia.

eFishery Hadir sebagai Inovasi dalam Sektor Akuakultur
Fun
eFishery Hadir sebagai Inovasi dalam Sektor Akuakultur

Membantu para petani di bidang perikanan.