Empat Danau di Indonesia Tempat Tinggal Ubur-ubur Tak Bersengat Danau Kakaban (Instagram/campatour)

KITA mengenal ubur-ubur sebagai hewan laut yang menyengat. Beberapa pantai bahkan membuat papan khusus agar para pengunjungnya berhati-hati terhadap sentuhan hewan tak bertulang belakang itu.

Tapi dari sekian banyaknya jenis ubur-ubur ternyata beberapa tak memiliki sengat. Menariknya lagi mereka hidup bukan di laut melainkan danau. Di Indonesia ada banyak danau yang dijadikan habitat dari hewan dari kelas Scyphozoa.

Nah untuk itu kali ini merahputih.com akan merangkun beberapa danau berpenghuni ubur-ubur tak menyengat yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa berswafoto bersama ratusan ubur-ubur tanpa takut terluka.

Danau Kakaban

Instagram/travelugue
(Foto: Instagram/travelugue)

Di Kalimantan Timur terdapat sebuah pulau bernama Kakaban. Di tengahnya terdapat danau tempat tinggal ubur-ubur tak menyengat. Tak hanya satu, kamu bisa melihat empat jenis ubur-ubur sekaligus di sana. Kamu dipersilakan berenang dengan ubur-ubur tersebut namun tak boleh mengangkatnya ke permukaan karena hal itu bisa menyakiti ubur-ubur.

Danau Misool

Instagram/meniksuyani
(Foto: Instagram/meniksuyani)

Raja Ampat memang dikenai sebagai surganya bahari. Namun selain keindahan laut dan pantainya di salah satu pulau di Raja Ambat yakni Misool kamu dapat melihat danau yang ditinggali ubur-ubur tanpa sengat. Bukan hanya satu, di pulai ini memiliki beberapa danau ubur-ubur. Hanya saja hanya dua yang boleh dieksplore.

Danau Haji Buang

Instagram/rmadhany
(Foto: Instagram/rmadhany)

Tak jauh dari Pulau Kakaban terdapat sebuah pulau lagi yang memiliki danau ubur-ubur bernama Pulau Maratua dengan Danau Haji Buang. Meski tak sepopuler Danau Kakaban, danau ini tak kalah menarik dan indah. Kamu bisa menggunakan sepeda motor yang disewakan untuk menuju ke sana.

Danau Mariona

Instagram/cumilebaycom
(Foto: Instagram/cumilebaycom)

Di Taman Nasional Togean, Sulawesi Tengah terdapat sebuah danau yang berisi ubur-ubur tak bersengat. Lokasi danau ini tak jauh dari Pulau Kadidiri dan Pulau Pangempa. Selain bisa berfoto dengan ubur-ubur di dalamnya, lingkungan yang banyak pepohonan membuat Danu Mariona nyaman untuk dikunjungi.

Itulah empat danau dengan ubur-ubur tak menyengatnya. Jika memiliki waktu luang cobalah untuk berkunjung ke salah satu danau tersebut. (yani)

Selain artikel ini kamu juga bisa baca 5 Pantai Paling Populer di Pulau Belitung

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH