Empat Cara Sederhana Atasi Pesan yang 'Pending' di WhatsApp Masalah pending sudah biasa pada aplikasi WhatsApp (Foto: Pixabay/arivera)

KESAL kalau melihat status pesan WhatsApp yang kamu kirim cuma centang satu. Sebenarnya bukan karena kamu diblok oleh kontak penerima. Tapi pesan kamu memang dasarnya enggak kekirim atau pending.

WhatsApp memang paling sering digunakan untuk berbagai komunikasi. Namun, masalah pesan enggak kekirim sudah hal biasa pada aplikasi berbalas pesan ini. Tenang, jangan kesal dulu kalau pesan WhatsApp yang kamu kirim cuma centang satu.

Kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara ini. Sehingga pesan yang kamu kirim dapat diterima dengan baik oleh penerima.

1. Bersihkan cache aplikasi pada perangkat

Cache yang menumpuk membuat pesan pending (Foto: Pixabay/ElisaRiva)

Cache merupakan data yang disimpan supaya sebuah aplikasi dapat berjalan lancar. Cache yang menumpuk ini bisa membuat pesan WhatsApp yang kamu kirim pending. Karena WhatsApp sering kamu gunakan, tentu akan ada banyak cache yang menumpuk.

Oleh karena itu, bersihkan cache pada aplikasi WhatsApp. Caranya pergi ke menu Settings>Apps & notifications>WhatsApp>Storage>Clear cache. Cache yang sudah bersih akan membuat aplikasi WhatsApp 'enteng', sehingga akan mudah mengirim pesan.

2. Aktifkan dan matikan mode pesawat

Cara ini seperti merestart jaringan (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Jika pesan yang kamu kirim terlalu lama pending. Coba aktifkan mode pesawat terlebih dulu, kemudian matikan kembali. Cara ini sama saja seperti merestart jaringan pada ponsel. Kamu bisa melakukan beberapa kali cara ini hingga jaringan kembali stabil.

Baca juga:

Fitur Baru Whatsapp Bisa Ambil Alih Admin Grup, Mau Kick Siapa Hayo?

3. Menggunakan aplikasi VPN

VPN cara paling praktis atasi pending (Foto: Pexels/Gem Fortune)

Bisa dibilang, VPN merupakan cara paling praktis untuk mengatasi pending pesan WhatsApp. Aplikasi VPN memungkinkan kamu menggunakan jaringan dari negara lain. Sehingga jaringan yang kamu hubungkan nanti bisa lancar jaya.

Namun, kamu harus hati-hati dalam menggunakan VPN. Gunakan VPN yang diciptakan oleh pengembang yang jelas. Kalau bisa hindari aplikasi VPN yang gratisan. Karena biasanya VPN tersebut disisipkan spyware untuk mencuri data pribadimu. Supaya lebih aman, gunakan VPN yang berbayar.

4. Update atau install ulang aplikasi WhatsApp

Jika enggak bisa dengan diperbarui, install ulang kembali WhatsApp (Foto: Pixabay/allmeidah)

Pesan WhatsApp yang pending bisa juga disebabkan versi aplikasi WhatsApp kamu ketinggalan zaman. Oleh karena itu, lakukan pembaruan atau update aplikasi WhatsApp. Jika masih pending juga, cobalah install ulang WhatsApp. Hapus aplikasi, lalu install kembali.

Bagaimana sahabat Merah Putih, jangan kesal lagi ya kalau pesan WhatsApp kamu pending. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo