Empat Aktris Ini Batasi Penggunaan Gawai Pada Anak Dian Sastro. (Foto: Instagram/@therealdisastr)

PENGGUNAAN gawai tidak hanya membuat orang dewasa menjadi kecanduan. Anak-anak yang pun bisa kecanduan hingga sulit mengalihkan perhatian dari gawai. Terlebih bila ada game di dalamnya. Mereka jadi makin sulit melepaskan diri dari gawai.

Miris melihat banyaknya anak yang kecanduan gadget, orangtua termasuk artis pun melakukan tindakan antisipasi. Siapa saja mereka? Berikut empat aktris Tanah Air yang membatasi penggunaan gadget pada anak.

1. Novita Angie

Novita Angie. (Foto: Instagram/@novitaangie)

Bisa dibilang sebagai ibu, Novita sangat ketat soal memberikan pendidikan terhadap anak. Memberi gawai kepada buah hati menjadi hal yang amat sensitif baginya. Ia menganggap penggunaan gawai benar-benar memiliki dampak kurang baik bagi anak. Sebab menurutnya gawai dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan anak berlangsung tidak semestinya.

"Anak saya memang engga saya kasih gadget," kata Anggie.

Akan tetapi jika memang harus memberikan gawai kepada anak, ia tetap akan membiarkan asal masih di bawah pengawasannya.

"Kalau dilarang mereka engga bisa makanya aku kasih kesempatan mereka pakai gadget lagi. Tapi aku selalu kontrol mereka," imbuhnya.

2. Susan Bachtiar

Susan Bachtiar. (Foto: Instagram/@sbachtiar)

Berbeda dengan artis cantik Susan Bachtiar, dirinya lebih meleluasakan sang anak menggunakan gawai. Akan tetapi ia menekankan hanya memperbolehkan sang anak menyentuh gawai untuk urusan pendidikan. Masalah bermain, Susan lebih memilih agar sang anak pergi keluar untuk mencari permainan seperti berolahraga.

"Kalau anak saya mau main, mainlah di luar, seperti bola atau apalah. Saya enggak biasakan main game di gadget. Dia lebih ke mewarnai atau menulis kalau di gadget. Lebih untuk sarana pendidikan," papar wanita 44 tahun ini.

Meskipun gawai dapat digunakan pula sebagai sarana komunikasi, Susan tetap tidak memberikan gawai untuk hal itu. Masalah komunikasi ia mengandalkan sang baby sitter.

"Kalau untuk sarana komunikasi, selama saya bisa menjemput, saya rasa anak belum perlu dikasih gadget. Saya juga ada baby sitter," paparnya.

3. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo. (Foto: Instagram/therealdisastr)

Artis cantik Diansastrowardoyo juga agak ketat memberikan aturan penggunaan gawai terhadap anak. Ia membatasi penggunaan gawai agar sang anak tidak menjadi antisosial.

"Gimana caranya buat anak-anak tetap bergerak. Saya personally lebih batasi anak mainkan gadget," ujarnya.

Di samping itu ia juga menyesal karena membiarkan anak pertamanya tumbuh menggunakan gawai. Pasalnya sang anak menjadi kurang fokus saaat dipanggil olehnya.

"Kesalahan anak pertama saya saya kasih gadget. Dia telat bicara dan responnya juga kalau dipanggil enggak langsung nengok. Akhirnya dipuasain, ya terbiasa juga," terangnya.

4. Meisya Siregar

Meisya Siregar. (Foto: Instagram/@meisya_siregar)

Meisya Siregar cukup ketat memberikan aturan penggunaan gawai kepada sang anak. Namun ia santai tidak perlu menjadi galak untuk menjalankan aturan tersebut. Ia akan memberikan gawai kepada sang anak jika telah menjalankan berbagai kewajiban.

"Aku pakai aturan main. Weekday anak cuma boleh main gadget sejam setelah kewajiban kelar. Seperti belajar, udah solat," jelasnya.

Sementara saat weekend, Meisya memberikan waktu lebih untuk anak-anaknya menggunakan gawai. "Weekend boleh tiga jam. Pagi satu jam, siang satu jam, malam satu jam," tambahnya

Sementara untuk memberikan hukuman, Meisya juga melibatkan penggunaan gawai. "Konsekuensinya selama tiga hari enggak boleh main (gawai) sama sekali," tegasnya. (ikh)

Dapatkan berita hiburan lain di sini.

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH