Emmy Award 2021
#EmmysSoWhite, ketika Emmy Award tak Cukup 'Berwarna' Tobias Menzies ('The Crown') yang tidak hadir dalam Primetime Emmy Awards menang aktor pendukung dalam drama. (nyt.com)

PRIMETIME Emmy Awards tidak melanjutkan apa yang telah tercatat dalam sejarah dengan nominasi paling beragam. Banyaknya aktor kulit berwarna yang masuk kategori akting terasa sia-sia karena semua piala akting utama diberikan kepada aktor kulit putih.

Aktor yang memiliki kemungkinan menang cukup besar, termasuk Billy Porter dan Mj Rodriguez (Pose), mendiang Michael K Williams (Lovecraft Country), dan Kenan Thompson dan Bowen Yang (Saturday Night Live) pada akhirnya pulang dengan tangan kosong.

Meskipun malam itu buruk bagi para bintang televisi, perempuan mendominasi kategori kreatif, menandai pertama kalinya dua perempuan menang sebagai sutradara komedi dan drama.

BACA JUGA:

Netflix Borong 44 Penghargaan, Berikut Daftar Lengkap Pemenang Emmy Awards 2021

Michaela Coel, yang dinominasikan untuk empat Emmy, mengambil kategori penulisan terbatas untuk I May Destroy You, ketiga kalinya seorang kreatif kulit hitam memenangi kategori dan pertama untuk perempuan kulit hitam. Pemenang kulit hitam sebelumnya termasuk David Mills (The Corner), Anthony Hemingway (American Crime Story: The People v. O.J. Simpson) dan Stephen Williams dan Christal Henry (Watchmen).

Rekor untuk 49 nomine dari non-Anglo diakui dalam kategori kompetisi akting dan realitas. Sementara itu, banyak yang tidak mengharapkan siapa pun untuk menggeser Jason Sudeikis (Ted Lasso), Jean Smart (Hacks), dan Gillian Anderson (The Crown), para kritikus mengharapkan beberapa aktor untuk bisa merebut kemenangan, seperti aktor siapa pun dari Hamilton dan Regé-Jean Page (Bridgerton).

michael k williams
Seperti Chadwick Boseman yang tidak mendapat Oscar, mendiang Michael K Williams juga kalah dalam Emmy. (hearstapps.com)

Seperti diberitakan Variety (20/9), dua acara penghargaan berturut-turut dengan pria kulit hitam yang baru saja meninggal kalah dari orang kulit putih Inggris yang tidak hadir. Fakta itu mengacu pada mendiang Michael K Williams (Lovecraft Country), yang kalah untuk aktor pendukung dalam drama dari Tobias Menzies (The Crown). Kekalahan yang sama terjadi di Academy Awards, ketika Chadwick Boseman (Ma Rainey's Black Bottom) hanya dikenang, sedangkan Oscar diserahkan kepada Anthony Hopkins (The Father) yang tidak hadir secara langsung maupun dalam sambungan video.

Porter dan Rodriguez sangat diunggulkan untuk memenangkan drama aktor dan aktris utama untuk Pose, tetapi kalah dari Josh O'Connor dan Olivia Colman untuk The Crown. Itu menjadi kekalahan pula bagi orang-orang dari nominasi kulit berwarna dan komunitas LGBTQ.

Padahal, rekan main Colman, Emma Corrin, jika menang akan menjadi aktor non-biner terbuka pertama yang memenangkan kategori akting. Dan jika Porter yang menang, itu akan menjadi kemenangan orang kulit hitam kedua dalam kategori tersebut, dua kali setelah Bill Cosby ('I Spy'). Namun, sayangnya para pemilih Akademi TV punya rencana lain. Aktris Latina Anya Taylor-Joy untuk 'The Queen's Gambit' juga akhirnya kalah dalam kategori Emmy-nya kepada Kate Winslet untuk 'Mare of Easttown'.

Billy Porter
Porter dan Rodriguez sangat diunggulkan untuk memenangi drama aktor dan aktris utama untuk 'Pose'. (broadway.com

Selama dua tahun terakhir, Akademi TV telah meningkatkan jumlah aktor kulit berwarna. Namun, para pemain ini terus kekurangan dalam demografi kunci — terutama orang Asia, Latin, dan banyak kelompok lain yang kurang terwakili. Tahun lalu, empat aktor memenangkan kategori utama: Zendaya ('Euphoria'), Regina King dan Yahya Abdul-Mateen II ('Watchmen') dan Uzo Aduba ('Mrs. America'). Tahun ini jumlah kemenangan aktor kulit berwarna anjlok ke nol.

Ada beberapa pemenang yang patut dirayakan, dan itu adalah malam yang baik bagi para perempuan kreatif. Jessica Hobbs menjadi perempuan keempat yang memenangkan sutradara drama dalam 73 tahun sejarah organisasi, mengikuti Reed Morano ('The Handmaid's Tale' pada tahun 2017), Mimi Leder ('ER' pada tahun 1995) dan Karen Arthur untuk 'Cagney and Lacey' pada tahun 1985).

Co-creator 'Hacks' Lucia Aniello meraih dua penghargaan signifikan dengan mengorbankan pelopor 'Ted Lasso,' pemenang penulisan komedi dan sutradara komedi. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Emmy perempuan memenangkan dua kategori komedi dan sutradara drama.(aru)

BACA JUGA:

RuPaul Jadi Pemenang Terbanyak Emmy untuk Orang Kulit Berwarna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cek Rutin Bagian Mobil ini Bikin Awet Kendaraanmu
Fun
Cek Rutin Bagian Mobil ini Bikin Awet Kendaraanmu

Melakukan cek rutin pada bagian mobil sebelum berkendara.

Fitur Face-to-Face Tinder Rilis Secara Global
Fun
Fitur Face-to-Face Tinder Rilis Secara Global

Fitur ini hanya akan bisa digunakan jika kedua belah pihak telah setuju untuk menggunakannya.

Dampingi Helen Mirren, Lucy Liu Bergabung dalam 'Shazam! Fury of the Gods'
ShowBiz
Dampingi Helen Mirren, Lucy Liu Bergabung dalam 'Shazam! Fury of the Gods'

Liu akan tampil sebagai penjahat bernama Kalypso, saudara perempuan dari karakter villain Helen Mirren, Hespera.

Mendaur Ulang Popok Bekas untuk Menjaga Lingkungan
Fun
Mendaur Ulang Popok Bekas untuk Menjaga Lingkungan

Sampah popok bekas jadi salah satu penyebab kerusakan lingkungan.

Panutan, Idola Kpop Ini Patuh Protokol Kesehatan Saat Terima Award di Atas Podium
ShowBiz
Panutan, Idola Kpop Ini Patuh Protokol Kesehatan Saat Terima Award di Atas Podium

sejumlah idola Kpop yang menghadiri acara tersebut juga menyesuaikan diri mereka dengan keadaan.

Tren Ikoy, Fenomena Jagoan Baru Saat PPKM
Hiburan & Gaya Hidup
Tren Ikoy, Fenomena Jagoan Baru Saat PPKM

Istilah Ikoy belakangan memenuhi laman instagram story hingga feedsnya

Google Meet Perkenalkan Efek Animasi Baru
Hiburan & Gaya Hidup
Google Meet Perkenalkan Efek Animasi Baru

Salah satu platform video conference ternama, Google Meet, baru-baru ini mengumumkan tentang pembaruan pada layanannya.

Album Debut Matter Mos 'Pronoia' Bakal Hadir dalam Bentuk NFT
ShowBiz
Album Debut Matter Mos 'Pronoia' Bakal Hadir dalam Bentuk NFT

Matter Mos jadi rapper pertama di Indonesia yang memasarkan karyanya dengan NFT.

5 Alasan Kenapa Drama Korea ‘Law School’ Wajib Ditonton
ShowBiz
5 Alasan Kenapa Drama Korea ‘Law School’ Wajib Ditonton

Jalan ceritanya selalu menarik dan bikin penasaran.

Iklan Minuman Ikonik Indonesia, Dijamin Bikin Kamu Bernostalgia
Fun
Iklan Minuman Ikonik Indonesia, Dijamin Bikin Kamu Bernostalgia

Kamu pasti masih ingat dengan iklan-iklan ini.