Emil Dardak Jadi Wagub, Ring Satunya di Trenggalek 'Menang Banyak' Pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa (kanan)-Emil Elestianto Dardak (kedua kanan. ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

MerahPutih.com - Bupati Emil Elestianto Dardak mengakui menempatkan para loyalisnya untuk mengisi pejabat birokrasi yang berada di lingkaran "ring satu" Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, berdasarkan alasan balas budi, sebelum purnatugas.

"Terus terang ginilah. Ini buka-bukaan ya. Banyak yang mengabdi di `ring satu` saya. Dan di manapun, mereka kinerjanya sangat baik. Maka sudah suatu keharusan, secara etika, bahwa yang kinerjanya baik maka saya berikan tempat yang baik juga sebelum sayapurna (tugas). Itu sudah pasti," kata Bupati Emil di Trenggalek, kemarin.

Pengakuan Emil itu sebagaimana dilansir Antara, disampaikan usai menggelar pelantikan pejabat tinggi pratama Sekda Trenggalek, serta mutasi terbatas sejumlah pejabat eselon II, III dan IV di pendopo Kabupaten Trenggalek.

Emil membenarkan promisi jabatan ini memang sengaja digelar menjelang dirinya dilantik menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa.

Emil Dardak dan Arumi Bachsin
Emil Dardak (kiri) bersama istrinya Arumi Bachsin (kanan) saat menyapa warga di acara Prigi Fest 2015 di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Minggu (22/2).

Menurut Emil, kesempatan terbatas itu sengaja dioptimalkan karena merasa ada tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan sebelum purnatugas. Namun, dia menambahkan tidak semua jabatan 'ring satu' Trenggalek merujuk politik balas jasa. "Tapi (itu) tidak banyak. Hanya hitungan jari," tandas dia.

Namun, Emil menegaskan mutasi jabatan yang dilakukan masih sangat terbatas, baru kisaran 10-20 persen. Masih banyak pos jabatan baik di eselon II, III dan IV yang kosong dan harus segera diisi agar kinerja pembangunan berjalan efektif di Kabupaten Trenggalek.

"Ya sisanya masih banyak sekali. Dan itu kami serahkan kepada penerus kami (Wabup Trenggalek Mochammad Nur Arifin), termasuk untuk memilih orang-orang di `ring satu` beliau," tandas Emil. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH