Embung Nglanggeran Tawarkan Panorama Matahari Terbenam Nan Eksotis

Rina GarminaRina Garmina - Minggu, 02 Juli 2017
Embung Nglanggeran Tawarkan Panorama Matahari Terbenam Nan Eksotis
Embung Nglanggeran, Wisata Alam Baru di Yogyakarta. (Foto: Instagram/@blusukangunungkidul)

Bagi yang masih menikmati liburan di Yogyakarta, coba sempatkan untuk mampir ke Embung Nglanggeran di Gunungkidul, Yogyakarta. Kawasan wisata perbukitan ini memiliki sebuah embung alias cekungan penampung tepat di atas bukit. Dari sana, Anda juga bisa menikmati panorama Gunung Api Purba Nglanggeran.

Embung ialah kata yang biasa diucapkan penduduk Jawa untuk menyebut telaga buatan. Anda mungkin belum familiar dengan nama Embung Nglanggeran. Tidak usah minder, karena objek wisata ini terbilang baru. Sri Sultan Hamengkubuwono X baru meresmikannya pada 19 Februari 2013.

Objek wisata ini sebenarnya berfungsi pula sebagai penampungan atau penyimpan air untuk mengairi kebun buah yang ada di sekitar Gunung Api Nglanggeran.

Turis yang berkunjung ke sana tak hanya dapat melihat cekungan penampung air, tetapi dapat pula menikmati matahari terbenam dari gazebo. Pemandangan di atas bukit juga amat indah. Anda bisa melihat gugusan batu raksasa yang membentuk Gunung Api Nglanggeran serta lembah hijau hingga batas horison.

Jika ingin mengejar matahari terbenam alias sunset, Anda sebaiknya berangkat dari Yogyakarta pukul 15.00 WIB. Untuk mencapai Embung Nglanggeran, Anda harus mendaki puluhan anak tangga yang berkelok.

Masih di Yogyakarta? Jangan lupa mampir ke Embung Nglanggeran, ya.

Baca juga informasi wisata alam lain di Yogyakarta: Objek Wisata Jurang Pulo Sari Yogyakarta Tenar Akibat Medsos.

#Wisata #Wisata Alam #Yogyakarta #Embung Nglanggeran
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan