Emas Hitam, Si Cantik dengan Perawatan Ekstra Rose gold dan emas hitam. (Foto: MP/Rina)

SETELAH rose gold, black gold alias emas hitam kini menjadi tren baru. Meski hitam, black gold tetap terlihat berkilau.

Datang dengan model beragam, mulai dari murni black gold hingga kombinasi dengan rose gold dan white gold, emas hitam tetap terlihat cantik. Beda dengan emas kuning, warna hitam pada black gold merupakan hasil melapisi emas dengan ruthenium hitam.

Emas hitam juga ada dibuat dengan mengoksidasi logam, lalu menambahkan patina pada logam emas tersebut. Kebanyakan, emas hitam yang diproduksi sekarang memiliki kadar 18 karat yang harganya dibanderol sama dengan harga emas di pasaran.

Layaknya rose gold, emas hitam sifatnya tidak permanen sehingga Anda perlu merawatnya dengan baik agar warnanya tahan lama. Ada beberapa trik merawat emas hitam. Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah menghindari emas dari kosmetika, minyak dan bahan kimia. Pasalnya, bahan kimia bisa membuat emas teroksidasi.

Anda disarankan membukanya saat akan mandi, mencuci, renang atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air. Anda juga sebaiknya menghindari gerakan-gerakan yang membuat emas hitam kesayangan tergores. Sesekali, Anda dapat mencucinya dengan sabun cuci piring atau pasta gigi.

Sabun cuci piring biasanya mengandung surfaktan, bahan aktif yang dapat menurunkan tegangan permukaan air. Bahan aktif ini lah yang berfungsi melepaskan kotoran menempel. Sabun cuci piring juga mengandung builder yang bakal menambah efektivitas kerja surfaktan.

Sama seperti sabun cuci, pasta gigi juga dapat membersihkan kotoran pada black gold secara efektif. Pasta gigi mengandung zat abrasif ringan yang akan meluruhkan kotoran dari emas.

Ingin mengikuti tren? Gunakan emas hitam. Tetapi jangan lupa merawatnya dengan baik agar warna hitamnya awet, ya. (*)

Dapatkan juga artikel terbaru lainnya di sini.

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH