Teknologi
Email Berbayar Bikin Penggunanya Jadi Naik Kelas Email Berbayar bisa menjadikan penggunanya lebih Naik Kelas (Foto: pixabay/geralt)

DI Coffee shop mewah berlogo warna hijau, circle pertemanan yang terdiri dari para ekskutif dan pebisnis muda tengah berkumpul. Kala itu terdapat sebuah obrolan yang dibuka oleh pria bernama Bram. "Eh Bro gue ada tender bagus nih, siapa yang mau nih kira-kira, kalian kirim data-datanya ke email gue yah."

Bram merasa kaget ternyata banyak teman-temannya yang mengirim alamat email 'gratisan' yang digunakan untuk berbisnis. Namun, ada salah satu dari mereka yang tampak lebih 'profesional' dengan email berbayar. Bram pun melihat nilai lebih dan menyerahkan tender tersebut kepada rekan yang menggunakan email berbayar.

Baca Juga:

18 Persen Karyawan Masih Tertipu Email Phising

Email berbayar memiliki berbagai keunggulan yang bisa membuatmu 'Naik Kelas' (Foto: pixabay/geralt)

Kisah tersebut, merupakan gambaran hal yang terjadi di kehidupan nyata. Karena itu, bagi para pebisnis atau pengusaha sangat penting untuk memiliki email berbayar. Kebanyakan orang menggunakan email hanya sebagai fasilitas untuk membuat akun media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, akun YouTube dan sebagainya. Namun, mereka jarang membuka emailnya.

Padahal, bagi kamu yang berada di dunia pekerjaan yang serba digital dan bisnis online, fungsi email sangat penting. Banyak orang yang rela mengeluarkan dana, guna mendapatkan fasilitas email lebih.

Penyedia layanan email umumnya menyediakan email gratis. Tapi, mereka juga menyediakan layanan email berbayar yang tentunya mempunyai fitur lebih baik dan lebih banyak, hingga membuat penggunanya lebih 'Naik Kelas'.

Email berbayar disebut juga dengan istilah 'Email Hosting'. Email berbayar sangat cocok untuk perusahaan yang menginginkan email account pribadi, bukan menumpang. Apabila kamu ingin membuat email gratisan, sebetulnya bukan menjadi masalah, tapi bila bisnis kamu ingin terlihat profesional, disarankan memakai email hosting.

Ada beberapa kelebihan dari email berbayar. Kelebihan yang pertama yaitu kamu akan terlihat lebih profesional. Itu merupakan alasan utama dan paling populer saat sebuah perusahaan mengeluarkan dana untuk hosting email. Padahal, email gratisan pun sebetulnya bisa saja digunakan.

Namun, karena alasan lebih bonafit, akhirnya banyak perusahaan besar atau pebisnis yang enggan memakai email gratisan. Biasanya, penggunaan email account pribadi dengan nama domain sendiri, sama artinya dengan penggunaan memiliki akun email pribadi.

Dengan begitu, secara otomatis akan menaikkan citra perusahaan kamu tampak lebih 'profesional'. Kamu sudah tidak lagi memakai domain orang lain atau email gratisan, contohnya email dari layanan yahoo, gmail, dan sebagainya. Kamu bisa membuat nama email sesuai keinginan sendiri.

Contohnya, perusahaan PT. Maju Jaya memiliki nama email [email protected] untuk layanan seputar informasi perusahaan. Atau [email protected] untuk perekturat pegawai baru. Email pribadi tersebut bisa membuat kepastian atau eksistensi perusahaan secara nyata dan terpercaya.

Baca Juga:

Sniffing dan Phising Makin Marak, Simak Tips untuk Menghidarinya

Kemudian, kelebihan kedua dari email berbayar yaitu memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Pada email gratisan, biasanya seseorang kerap mendapat keterbatasan fasilitas penyimpanan email.

Namun, dengan email berbayar, kamu bisa mendapatkan data storage mencapai ratusan MB, bahkan beberapa GB. Alhasil, kamu bisa menjadi leluasa apabila lalu lintas email kamu cukup tinggi dan dengan lampiran-lampiran berukuran besar.

Selanjutnya, kelebihan yang ketiga dari email berbayar yaitu keamanan data lebih terjamin. Dengan email berbayar, tentunya kamu akan mendapatkan sebuah keamanan ekstra. Jadi, apabila email kamu diretas oleh penjahat siber, biasanya kamu akan lebih mudah meminta recovery akun, untuk mengembalikan data-data yang mungkin hilang.

Biasanya, kamu akan bisa mendapat akses dengan berhubungan langsung dengan costumer service dan teknisi andal untuk jaminan keamanan, hal itu mungkin tidak bisa dilakukan pada email gratis.

Kelebihan lainnya bagi pemilik email berbayar yakni ada fitur pengaturan kotak masuk. Pada email berbayar kamu akan mendapat fitur pengorganisir ribuan email yang masuk dengan baik. Contohnya, kamu bisa menemukan dengan mudah email yang dipisahkan berdasarkan dari kategori yang ditentukan. Kemudian, terdapat akses yang mudah untuk membaca maupun membalas email, yang mungkin harus dibalas dengan segera.

Ada berbagai kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari email berbayar (Foto: pixabay/ribkhan)

Selain itu, email berbayar juga bisa menghindari kesalahan. Seperti contohnya terjadi kesalahan penulisan alamat. Dengan email berbayar, kamu tidak perlu mengkawatirkan hal itu, karena ternyata email orang lain tetap akan sampai berkat fitur catch-all.

Catch-all Email merupakan tool powerful yang memperbolehkan kamu melakukan catch di semua email yang dikirim ke alamat email, yang penulisannya salah atau tidak valid. Mungkin ada pihak lain yang sedang mengirim email kepada perusahaanmu dan terjadi kesalahan penulisan alamat. Jadi, kamu tidak perlu khawatir atas kesalahan orang lain yang mungkin itu merupakan klien perusahaanmu.

Email berbayar akan membuat kamu lebih mudah untuk menghapus, memperbarui kata sandi, mengatur batas ukuran kotak surat, dan sejumlah panel kontrol yang memudahkan.

Terakhir, keuntungan memiliki email berbayar ialah tidak disalahartikan sebagai SPAM. Sebagian besar spammer biasanya menggunakan akun email gratis untuk mengirim SPAM. Sebagian besar filter SPAM memperlakukan layananan email gatis dengan lebih kasar. Mereka lebih mudah melakukannya lantaran tidak membutuhkan biaya apapun. (ryn)

Baca juga:

Waspada, Aplikasi Antivirus Gratisan Bisa Bikin Ponsel Rentan Diretas

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mengintip Kolaborasi Thomas Ramdhan dan The Candle Light Children
ShowBiz
Mengintip Kolaborasi Thomas Ramdhan dan The Candle Light Children

The Candle Light Children merilis lagu kolaborasi bersama Thomas Ramdhan yang berjudul 'Be Honest'

Kreator Konsol Pertama Nintendo Tutup Usia
Fun
Kreator Konsol Pertama Nintendo Tutup Usia

Ia meninggal di usia 78 tahun.

Dilahirkan dengan Nama Kusno, Menjadi Bung Karno Sang Proklamator
Fun
Dilahirkan dengan Nama Kusno, Menjadi Bung Karno Sang Proklamator

Saat itu, ejaan nama Soekarno diganti olehnya sendiri menjadi Sukarno.

Jangan Galau Bestie, Tepis Stres Lewat Meditasi Cokelat
Hiburan & Gaya Hidup
Jangan Galau Bestie, Tepis Stres Lewat Meditasi Cokelat

Kenali sejumlah manfaat meditasi cokelat

MGPA Buka Pendaftaran Volunteer WSBK Mandalika 2022
Fun
MGPA Buka Pendaftaran Volunteer WSBK Mandalika 2022

Terbuka untuk umum, terutama warga Lombok Tengah dan sekitarnya.

Kebahagiaan Datang saat Kita Membahagiakan Orang Lain
Fun
Kebahagiaan Datang saat Kita Membahagiakan Orang Lain

Kebahagiaan kita bergantung pada orang lain.

Sean Gelael dan Tim WRT Juarai WEC Spa 6 Hours
Hiburan & Gaya Hidup
Sean Gelael dan Tim WRT Juarai WEC Spa 6 Hours

Kemenangan Sean Gelael pertama di ajang FIA WEC.

Arkeolog Ungkap Fungsi Stonehenge sebagai Kalender Matahari
Hiburan & Gaya Hidup
Arkeolog Ungkap Fungsi Stonehenge sebagai Kalender Matahari

Timothy Darvill, profesor arkeologi di Universitas Bournemouth Inggris, menyimpulkan Stonehenge berfungsi sebagai kalender matahari.

Perencanaan Bisnis Matang Kunci UMKM Punya Umur Panjang
Hiburan & Gaya Hidup
Perencanaan Bisnis Matang Kunci UMKM Punya Umur Panjang

UMKM masih terkendala akses permodalan

Unjuk Gigi Niluh Djelantik Kembangkan Merek Sepatunya di Kancah Dunia
Hiburan & Gaya Hidup
Unjuk Gigi Niluh Djelantik Kembangkan Merek Sepatunya di Kancah Dunia

Produk sepatu Niluh Djelantik sukses unjuk gigi di kancah Internasional. Terbukti dengan banyaknya artis Hollywood yang sudah memakai produknya.