Lingkungan

Elon Musk: Pemerintahan Biden Tolak Tawaran Bayar Pajak Karbon

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Minggu, 14 Februari 2021
Elon Musk: Pemerintahan Biden Tolak Tawaran Bayar Pajak Karbon
Dimaksudkan guna mendorong peralihan lebih cepat ke energi terbarukan. (Foto: Business Insider)

CEO Tesla, Elon Musk, baru-baru ini mengajukan penawaran kepada Presiden Joe Biden terkait pajak karbon. Hal ini dimaksudkan guna mendorong peralihan lebih cepat ke energi terbarukan. Namun, tawarannya ditolak karena dianggap “terlalu sulit secara politis”.

Mengutip The Verge, gagasan itu ia sampaikan lewat percakapannya di podcast Joe Rogan, Kamis (11/2). Rogan menyampaikan pertanyaan kepada Musk apakah diperlukan terobosan teknologi baru untuk meningkatkan adopsi kenadaraan bertenaga baterai. Musk pun berpendapat sebenarnya masalah yang lebih besar adalah 'sangat banyak baterai yang dibutuhkan' untuk beralih dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan.

Menurut Musk untuk mendorong perubahan itu, perlu adanya pemberian harga pada karbon.

Baca juga:

Jeff Bezos dan Elon Musk Pecahkan Rekor Kekayaan Baru di Tengah Pandemi

Elon Musk: Pemerintahan Biden Tolak Tawaran Bayar Pajak Karbon
Ia juga pernah mengajukan di pemerintahan Trump. (Foto: Bloomberg)

“Sejujurnya rekomendasi utama saya adalah memiliki pajak karbon. Karena kami tidak membayar untuk kapasitas CO2 lautan dan atmosfer, kami memiliki apa yang dalam ilmu ekonomi disebut eksternalitas tanpa harga,” papar Musk.

“Pasar tidak dapat menanggapi eksternalitas yang tidak dihargai. Jika kita hanya memberi harga, pasar akan bereaksi dengan cara yang masuk akal,” lanjutnya.


Musk menyarankan agar konsumen membayar pajak dan potongan harga dapat ditawarkan kepada orang-orang yang berpenghasilan rendah. Pajak karbon dapat membantu lebih jauh bahkan lapangan bermain untuk mobil listrik Tesla, meskipun SpaceX juga harus membayar.

“Saya berbicara dengan pemerintahan Biden, dan mereka seperti ini ‘Ini sepertinya terlalu sulit secara politis’. Itu setidaknya setengah dari alasan mengapa Biden terpilih, jadi mengapa ia tidak berjuang untuk itu?,” lanjut Musk.

Baca juga:

(HOAKS ATAU FAKTA) : Elon Musk Kaya karena V-Tube?

Elon Musk: Pemerintahan Biden Tolak Tawaran Bayar Pajak Karbon
Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia saat ini. (Foto: DNA India)

Ini bukan kali pertama Musk menuntut pajak karbon. Orang terkaya di dunia ini dilaporkan melontarkan idenya selama pertemuan awal dengan pemerintahan Trump namun tidak juga mendapat dukungan.

Ia bahkan pernah menyerukan “pemberontakan” terhadap industri bahan bakar fosil sambil mengajukan kasus pajak karbon, serta menuduh perusahaan minyak besar berkonspirasi melawan Tesla.

Di podcast Joe Rogan ia mengatakan bahwa, 'tidak mendukung atau menjatuhkan industri minyak dan gas' karena hal itu akan membuat marah orang-orang uang bekerja di sana. (and)

Baca juga:

Elon Musk Jadi Orang Terkaya Keempat di Dunia

#Peduli Lingkungan #Ramah Lingkungan #Polusi Udara #Elon Musk #Tokoh Dunia #Teknologi #Pajak
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan