Elon Musk Berencana Mengirim 1 Juta Orang ke Mars Pada Tahun 2050, Mau Ikut? Berencana memberangkatkan 1 juta orang ke Planet Mars (Foto: Pixabay/SpaceX-Imagery)

PENDIRI SpaceX, Elon Musk, baru-baru ini merincikan rencananya di Twitter untuk mengirim 1 juta orang ke Mars pada tahun 2050. Musk mengatakan SpaceX akan membangun 100 Starships per tahun.

Namun, kendala utama yang dihadapi tujuannya ini adalah kenyataan bahwa perusahaannya belum selesai membangun pesawat ruang angkasa pertamanya. Musk bermaksud memiliki 100 Starships yang dapat mengangkut orang-orang ke Mars sehingga menghasilkan 1.000 penduduk manusia pada tahun 2030. Dan mungkin sekitar 1 juta penduduk pada tahun 2050. Mau ikut?

Baca juga:

Deretan Perempuan-Perempuan Elon Musk. Siapa Saja Ya?

Dilansir dari dailymail.uk, Senin (20/1), Pesawat ruang angkasa atau kapal roket yang dikembangkan SpaceX ini akan meluncurkan sebanyak tiga pesawat per hari untuk perjalanan ke luar angkasa.

Jadi, ada 1000 penerbangan per tahun dengan berat lebih dari 100 ton per penerbangan, dan setiap 10 pesawat menghasilkan 1 megaton. Karena jarak antara Bumi dan Mars bervariasi tergantung pada orbitnya, SpaceX berencana untuk mengirim pesawat ruang angkasa ke Mars ketika kedua planet berada pada jarak terdekat.

Ukuran pesawat yang akan digunakan ke Mars (Foto: Business Insider)

Musk juga mengungkapkan membangun 100 Starship per tahun hingga mencapai 1000 Starships dalam 10 tahun, atau 100 megaton per tahun. Artinya, sekitar 100 ribu orang per sinkronisasi orbit Bumi-Mars. Hingga tercapailah 1 juta orang pada tahun 2050.

Suhu di Mars bisa sangat rendah karena sangat jauh dari matahari dengan rata-rata sekitar -80 derajat Fahrenheit. Kurangnya atmosfer dan lapisan ozon juga akan merusak permukaan karat.

Baca juga:

AGI, Teknologi Elon Musk yang Ingin Saingi Kemampuan Otak Manusia

Misi SpaceX ini akan membutuhkan sejumlah besar infrastruktur dan sumber daya untuk dibawa ke Mars sebelum manusia datang. Musk mengatakan ini akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan, dan sebelum pendaratan manusia pertama yang direncanakan pada tahun 2024.

Musk juga men-tweet bahwa akan ada banyak pekerjaan di Mars dan usia setiap Starship sekitar 20 hingga 30 tahun, sama seperti pesawat terbang. Menariknya, SpaceX juga akan mengembangkan sistem meminjamkan uang untuk orang yang tidak dapat membayar perjalanan ke Mars ini. Jadi siapapun boleh-boleh saja ikut.

Pesawat yang digunakan masih dalam proses pembuatan (Foto: Twitter/@SpaceX)

SpaceX berencana mengirim dua kapal kargo tak berawak ke Mars pada 2022 untuk menyiapkan infrastruktur pendukung dan sistem penambangan air. Sebagian besar air di Mars ada saat es terperangkap di lapisan es kutub. Es tersebut harus dicairkan untuk persiapan bagi penghuni manusia pertama.

Musk mengatakan jika pengembangan dan pengujian berjalan dengan baik, misi pergi ke mars ini akan diluncurkan dengan roket dan Starships pertama yang mengangkut 100 penumpang pada 2024.

Mungkin misi SpaceX ini berguna untuk kamu yang bercita-cita menjadi astronot. Jadi persiapkan diri kamu jika ingin menjalani misi untuk pergi ke Mars bersama peminat lainnya. (arb)

Baca juga:

Fitur Terbaru untuk Mobil Canggih Tesla Diumumkan Elon Musk



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH