Elit Partai NasDem Temui Pimpinan KPK, Ini Yang Dibahas Sekjen DPP NasDem Johny G Plate di Gedung KPK (MP/Ponco)

Merahputih.com - Jajaran elit Partai NasDem menggelar pertemuan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membahas pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia, khususnya di internal Partai politik.

"Diskusinya itu banyak sekali, bagaimana kita bersama-sama untuk membangun sistem ketatanegaraan yang baik, bagaimana kita bisa membangun pencegahan korupsi yang lebih efektif ya," kata Sekjen DPP NasDem Johny G Plate di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (13/3).

Johny menuturkan, jajaran Partai NasDem disambut baik oleh pimpinan KPK. Dalam diskusi itu NasDem dan KPK sepakat membangun kerjasama dalam hal pemberantasan praktik korupsi.

"Agar parpol ini betul-betul bisa menjadi sumber recruitment pemimpin pemimpin nasional, pemimpin pemimpin yang benar benar dibutuhkan oleh negara," jelasnya.

Menurut Johny, Partai NasDem memiliki kepentingan yang sama dengan lembaga antirasuah dalam memajukan bangsa dan negara. Salah satunya, melalui kerjasama untuk mencegah praktik korupsi.

"Selama kita membangun sistem tanpa didukung dengan moralitas bangsa yang baik tentu itu menjadi usaha kerja keras yang lama yang hasilnya mungkin tidak seefektif dan efisien yang kita harapkan bersama," tandas Johny.

Sementara itu, Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan mengapresiasi sikap NasDem yang mendukung pemberantasan korupsi. Menurut dia, Partai NasDem merupakan satu-satunya parpol yang datang ke KPK untuk melakukan diskusi terkait pencegahan korupsi.

"Saya tambahkan sedikit, jadi ini catatan KPK ini yang pertama DPP parpol datang ke KPK yang kita lakukan adalah kita diskusikan bagaimana kita penguatan partai, karena buat kami KPK itu partai atau bukan itu sudah bukan pilihan," kata Pahala.

Menurut Pahala, ada beberapa hal yang dibahas dalam diskusi tersebut. Salah satunya, tentang pendanaan biaya politik untuk kader yang maju dalam kontestasi Pilkada maupun Pemilu.

"Yang kedua kita pikir juga sistem pencegahannya jadi lebih kuat karena jalan dari partai satu dan jalan dari KPK lewat pendampingan di daerah," pungkas Pahala.

Sebagai informasi, jajaran elit Partai NasDem yang berkunjung ke KPK hari ini yakni Sekjen DPP NasDem, Johny G Plate, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Nasdem, Effendi Choiri, serta Ketua DPP Partai Nasdem Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia Taufik Basari. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH