Elektabilitas Prabowo Turun di Charta Politika, Gibran: 3 Survei Lain Unggul

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 08 November 2023
Elektabilitas Prabowo Turun di Charta Politika, Gibran: 3 Survei Lain Unggul
Gibran Rakabuming. (Foto: MP/Ismail)

MerahPutih.com - Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya berpandangan, sosok bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka justru menjadi beban bagi bakal calon presiden Prabowo Subianto.


Hal ini ia sampaikan berkaca dari elektabilitas Prabowo yang justru turun setelah mengumumkan Gibran sebagai bacawapres yang akan mendampinginya pada Pemilihan Presiden 2024.

Baca Juga:

TKN Tegaskan Pasangan Prabowo-Gibran Berlayar dengan Baik di Pilpres 2024

"Kita bisa lihat atau berspekulasi dan membuat hipotesa bahwa masuknya nama Mas Gibran sebagai cawapres malah menjadi liabilities, bukan menjadi aset," kata Yunarto dalam konferensi pers, Senin (6/11).


Yunarto menuturkan, berdasarkan survei pada 13-17 Oktober 2023, elektabilitas Prabowo unggul dibandingkan Ganjar Pranowo secara head to head dengan selisih 9,8 persen, yakni 49,4 persen berbanding 39,6 persen.


Namun, elektabilitas Prabowo justru turun menjadi 44,4 persen berdasarkan survei periode 26-31 Oktober 2023, usai Gibran diumumkan sebagai cawapres.


Dalam periode yang sama, elektabilitas Ganjar yang sudah menggandeng Mahfud MD sebagai cawapresnya justru mengalami peningkatan menjadi 40,8 persen. Selisih elektabilitas antara Prabowo dan Ganjar berdasarkan survei terbaru pun menipis menjadi 3,6 persen.


Bacawapres Gibran buka suara dengan hasil survei tersebut dengan meminta pada awak media agar melihat hasil survei SMRC, Indo Barometer, dan Populi. Ketiga survei itu dirinya unggul.


"Ya silahkan lihat hasil survei SMRC, Indo Barometer, dan Populi hasilnya (Prabowo-Gibran) unggul," ujar Gibran, Rabu (7/11).

Baca Juga:

Sikapi Putusan MKMK, TKN Ucap Syukur Upaya Penjegalan Gibran Gagal

Dia menyebut ketiga lembaga survei tersebut jadi acuannya. Ia juga meminta pada awak media untuk tidak membandingkan dengan satu hasil survei saja karena hasilnya bias.


"Silahkan dibandingkan dengan survei-survei yang lain. Kalau cuma hanya membandingkan dengan satu survei bias namanya," katanya.


Putra sulung Presiden Jokowi ini juga mempersilahkan warga menilai keputusan menjadi bacawapres.


"Silahkan warga yang menilai nggih (saja), matur nuwun (terima kasih)," kata Gibran.


Dia menegaskan pihaknya tidaknya mempermasalahkan jika dirinya diragukan menjadi bacawapres.


"Ndak papa (diragukan menjadi bacawapres)," tandasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Prabowo-Gibran Sering Diganggu, Golkar Buat Tim Siber Serangan Udara

#Survei #Debat Capres-cawapres #Gibran Rakabuming #Prabowo Subianto
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan